Teks Ayat Kursi dan Yasin, Yuk Amalkan di Malam Jumat

Kamis, 23 November 2023 - 17:29 WIB
loading...
Teks Ayat Kursi dan Yasin, Yuk Amalkan di Malam Jumat
Teks Ayat Kursi dan Yasin memiliki keutamaan bagi yang membacanya di malam Jumat. Foto/Ist
A A A
Teks Ayat Kursi dan Surat Yasin ini sangat baik dibaca pada malam Jumat. Ada banyak fadhillah (keutamaan) bagi yang mengamalkannya.

Teks Ayat Kursi dan Fadhilahnya
Ayat Kursi terdapat dalam Surat Al-Baqarah Ayat 255. Ayat ini sangat populer dan memiliki fadhillah luar biasa.

Rasulullah ﷺ berkata pada Ubai bin Ka'ab: "Wahai Abu Al-Mudzir, apakah engkau tahu ayat Al-Qur'an yang dengannya engkau lebih besar?" Aku (Ubay bin Ka’ab) menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui." Kemudian Rasulullah menjawab: " Ayat Kursi ." Ubai mengisahkan Rasulullah menepuk dadanya dan bekata, "Semoga ilmu senantiasa menghampirimu." (HR Ahmad, Muslim, Abu Daud, dan Al Hakim)

Dalam riwayat lain dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi ﷺ pernah bersabda: "Surat Al-Baqarah di dalamnya terdapat sebuah ayat, yaitu penghulu semua ayat Al-Qur'an. Tidak sekali-kali ia dibaca di dalam sebuah rumah yang ada setannya, melainkan setan itu pasti keluar darinya, yaitu Ayat Kursi." (HR Hakim dalam Kitab Mustadrak)

اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الۡحَـىُّ الۡقَيُّوۡمُۚ لَا تَاۡخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوۡمٌ‌ؕ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ مَنۡ ذَا الَّذِىۡ يَشۡفَعُ عِنۡدَهٗۤ اِلَّا بِاِذۡنِهٖ‌ؕ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ اَيۡدِيۡهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡ‌ۚ وَلَا يُحِيۡطُوۡنَ بِشَىۡءٍ مِّنۡ عِلۡمِهٖۤ اِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ‌‌ۚ وَلَا يَـــُٔوۡدُهٗ حِفۡظُهُمَا ‌ۚ وَ هُوَ الۡعَلِىُّ الۡعَظِيۡمُ

Allaahu laaa ilaaha illaa Huwal hayyul Qaiyuum, laa ta-khuzuhuu sinatuw wa laa naum, lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardh, man dzal lazii yasyfa'u indahuuu illaa bi-idznih, ya'lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yuhiithuuna bisyai'im min 'ilmihi illaa bimaa syaa, wa si'a Kursiyyuhus Samaawaati wal Ardh, walaa ya uuduhuu hifzhuhumaa, wa Huwal 'aliyyul 'Azhiim.

Artinya: "Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar." (QS. Al-Baqarah Ayat 255)

Teks Yasin dan Fadhilahnya
Surat Yasin juga memiliki keutamaan bagi yang istiqamah mengamalkannya setiap malam. Bagi mayoritas muslim di Indonesia yang bermazhab Syafi'i, membaca Surat Yasin di malam Jumat adalah hal yang sangat dianjurkan karena malam Jumat merupakan Sayyidul Ayyam (penghulu semua hari) yang sangat diberkahi.

Surat Yasin disebut juga jantungnya Al-Qur'an. Surah ke-36 ini terdiri dari 83 ayat dan termasuk surat Makkiyah (diturunkan di Makkah). Kandungan Surah Yasin bercerita tentang tanda-tanda keesaan dan kebesaran Allah Ta'ala. Kabar tentang datangnya hari Kiamat dan hari kebangkitan.

مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مغفورا له، ومن قرأ حم التي يذكر فيها الدخان أصبح مغفور له

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surat Yasin di malam hari, maka pagi harinya dia diampuni." (HR Abu Ya'la 2467). Imam Ibnu Katsir berkata: isnadnya Jayyid (bagus). (Tafsir Ibnu Katsir, 6/497)

Dalam riwayat lain diterangkan: "Barangsiapa membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah, ia akan diampuni (dosanya)." (HR Ibnu Hibban, HR Al-Baihaqi)

Bacaan Teks Yasin dari Ayat 1-83 lengkap Arab, latin dan terjemahannya dapat dibaca melalui link ini: Teks Surat Yasin Lengkap . Semoga bermanfaat.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6911 seconds (0.1#10.140)