Waspadai Pandemi Baru, WHO Minta China Jelaskan Wabah Penyakit Pernafasan

Kamis, 23 November 2023 - 15:23 WIB
loading...
Waspadai Pandemi Baru, WHO Minta China Jelaskan Wabah Penyakit Pernafasan
WHO memperingatkan China mengenai wabah penyakit pernafasan di negara tersebut. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah meminta China untuk memberikan rincian tentang peningkatan penyakit pernapasan dan melaporkan kelompok pneumonia pada anak-anak, yang oleh kantor WHO di China pada Kamis disebut sebagai pemeriksaan "rutin".

Otoritas China dari Komisi Kesehatan Nasional mengadakan konferensi pers pada 13 November untuk melaporkan peningkatan kejadian penyakit pernapasan.

Pihak berwenang mengaitkan peningkatan ini dengan pencabutan pembatasan COVID-19 dan peredaran patogen yang diketahui seperti influenza, mycoplasma pneumoniae, infeksi bakteri umum yang biasanya menyerang anak-anak, virus pernapasan, dan virus penyebab COVID-19.

Baik China maupun WHO menghadapi pertanyaan tentang transparansi pelaporan kasus-kasus awal COVID-19 yang muncul di kota Wuhan di China tengah pada akhir tahun 2019.



Pada hari Rabu, WHO mengatakan kelompok-kelompok termasuk Program Pemantauan Penyakit Berkembang melaporkan kelompok pneumonia yang tidak terdiagnosis pada anak-anak di China utara. WHO mengatakan belum jelas apakah hal ini terkait dengan peningkatan infeksi pernafasan secara keseluruhan yang sebelumnya dilaporkan oleh otoritas China atau kejadian terpisah.

WHO menyatakan telah meminta informasi epidemiologi dan klinis tambahan serta hasil laboratorium dari wabah yang dilaporkan pada anak-anak, melalui mekanisme Peraturan Kesehatan Internasional.

Mereka juga meminta informasi lebih lanjut kepada China mengenai tren sirkulasi patogen yang diketahui dan beban pada sistem layanan kesehatan. WHO mengatakan pihaknya telah melakukan kontak dengan para dokter dan ilmuwan melalui kemitraan teknis dan jaringan yang ada di China.

WHO di China mengatakan bahwa pihaknya “rutin” meminta informasi mengenai peningkatan penyakit pernafasan dan laporan kelompok pneumonia pada anak-anak dari negara-negara anggota, seperti China.

Badan global tersebut memutuskan untuk mengeluarkan pernyataan mengenai China untuk membagikan informasi yang tersedia, karena mereka menerima sejumlah pertanyaan tentang hal tersebut dari media, kata WHO China dalam sebuah pernyataan melalui email.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)