Golkar Ganti Ketua Umum, Dukungan ke Jokowi Bisa Dievaluasi

Minggu, 19 November 2017 - 18:18 WIB
Golkar Ganti Ketua Umum, Dukungan ke Jokowi Bisa Dievaluasi
Golkar Ganti Ketua Umum, Dukungan ke Jokowi Bisa Dievaluasi
A A A
JAKARTA - Wacana pergantian pemimpin di Partai Golkar diprediksi bakal menjadi ajang perebutan pengaruh antara poros Aburizal Bakrie (Ical) dan Agung Laksono.

Direktur Eksekutif Vox Pol Center Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, perebutann pengaruh itu terjadi lantaran masih kental aroma faksi di internal Golkar sampai saat ini.

"Kemungkinaan terulang kembali perebutan dua poros antara pengurus orangnya Ical dengan kubu Agung Laksono," kata Pangi kepada SINDOnews, Minggu (19/11/2017).

Pangi mengatakan, salah satu faktor menang dan terpilihnya Novanto menjadi ketua umum karena ia dianggap lebih netral dan relatif cair. Bisa masuk ke kubu Ical dan bisa dekat dengan kubu Agung Laksono.

"Ketua umum penganti Setnov kemungkinan polaritasnya mirip dengan Setnov yang posisinya di tengah tengah," ucap Pangi.

Menurut Pangi, pergantian kepemimpinan di Partai Golkar juga akan berdampak pasa arah dukungan partai berlambang pohon beringin tersebut kepada Joko Widodo di Pemilu 2019 nanti.

"Apabila Setnov ditahan KPK, konstelasi politik bisa berubah secara ekstream, turbulensi di internal Golkar tak bisa dihindarkan," kata Pangi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2962 seconds (0.1#10.140)