alexa snippet

KPU Minta Semua Parpol Perbaiki Berkas

KPU Minta Semua Parpol Perbaiki Berkas
Ilustrasi KPU. Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Penelitian administrasi terhadap 14 partai politik (parpol) resmi diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini. Hasilnya semua parpol diminta memperbaiki beberapa hal dalam berkas yang telah diserahkan, sebelum dinyatakan lolos atau berhak mengikuti verifikasi faktual.

Komisioner KPU Hasyim Asyari mengatakan, dari hasil penelitian administrasi yang telah dilakukan selama satu bulan terakhir, KPU mengidentifikasi berkas parpol masuk kategori memenuhi syarat (MS), belum memenuhi syarat (BMS) atau tidak memenuhi syarat (TMS).

Bagi yang masuk kategori BMS atau TMS, maka KPU meminta kepada partai tersebut untuk memperbaikinya selama 14 hari kalender.

"Jadi semua parpol di dalam proses penelitian ada ditemukan ada yang statusnya MS dan TMS. Bagi yang BMS dan TMS diberikan kesempatan perbaikan 14 hari kalender," ujar Hasyim di Kantornya, Jakarta, Jumat (17/11/2017).

Hasyim mengungkapkan, berkas parpol yang dinyatakan BMS dan TMS bervariasi dan tersebar. Meski demikian, kasus yang banyak ditemukan adalah pemenuhan persyaratan dokumen di tingkat kecamatan, selebihnya terkait surat kepemilikan kantor, rekening serta keanggotaan.

"Soal dokumen di tingkat kecamatan itu sebarannya paling banyak 50 persen (sekitar 350 ribu dari 7 ribu). Itu yang kalau dilihat dari potensi TMS paling banyak," kata Hasyim.

Adapun ke-14 partai adalah yang sebelumnya dinyatakan lengkap berkas pada proses pendaftaran parpol 3-17 Oktober silam. Ke-14 partai tersebut antara lain Partai Perindo, PKS, PAN, Partai Golkar, Partai Hanura, PSI, PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Gerindra, PPP, PKB, Partai Demokrat, Partai Berkarya, serta Partai Garuda.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top