Jelang Pilkada Serentak 2018, Peran Pemuda di Politik Makin Menguat

Jum'at, 17 November 2017 - 11:48 WIB
Jelang Pilkada Serentak 2018, Peran Pemuda di Politik Makin Menguat
Jelang Pilkada Serentak 2018, Peran Pemuda di Politik Makin Menguat
A A A
JAKARTA - Anggota DPD, I Gusti Ngurah Arya Wedakarna optimis bahwa anak muda masih memiliki optimis masuk dalam dunia politik. Geliat anak muda untuk menjadi pemimpin semakin menguat. Berdasarkan hasil pemilihan kepada daerah banyak anak-anak muda terpilih menjadi kepada daerah.

“Saya masih optimis. Banyaknya anak muda terpilih sebagai kepala daerah merupakan signal positif bahwa anak muda mau terlibat aktif dalam politik di Indonesia,” katanya dalam diskusi yang bertajuk “Peluang dan Tantangan Kaum Muda Dalam Pilkada Serentak 2018” yang digelar di kantor DPP TMP, jalan Teuku Cik Ditiro No. 10 Menteng Jakarta Pusat, Kamis (16/11/2017).

Selain I Gusti, diskusi juga menghadirkan narasumber lainnya, antara lain Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Senator dari daerah pemilihan Provinsi Bali mengungkapkan bahwa permasalahan politik yang terjadi di Indonesai adalah tidak menerimanya orang-orang tua menerima anak-anak muda yang cerdas. Sehingga anak muda sering tidak diperhitungkan. Padahal itu merupakan kesalahan yang sangat fatal. Sebab tidak mempersiapkan kader sebagai pemimpin di masa yang akan datang.

“Kesalahan Bung Karno satu dia tidak menunjuk kader pengganti dia, sehingga revolusi besar tidak berjalan. Bung Karno mengulangi kesalahan besar Patih Gajah Mada yang lupa tidak menyiapkan kader sebagai penggantinya, sehingga Majapahit tidak bertahan lama,” jelasnya.

Kesalahan para pendahulu bangsa ini tetap terjadi hingga saat ini. Padahal anak-anak muda memiliki potensi yang besar untuk mengubah bangsa ke depan.

Namun, dia tetap optimis bahwa kedepan pemuda akan mengambil posisi menjadi pemimpin bangsa. Maka itu, pada kesempatan tersebut dia mengajak anak muda untuk terus meningkatkan kemampuan atau kualitas diri untuk menjadi pemimpin bangsa.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3298 seconds (0.1#10.140)