Ganjar Sepakat Bangun SDM Merata Sampai Pelosok Desa di Papua

Rabu, 22 November 2023 - 18:05 WIB
loading...
Ganjar Sepakat Bangun SDM Merata Sampai Pelosok Desa di Papua
Capres Ganjar Pranowo bersilaturahmi dengan masyarakat Jayapura, Papua, Rabu (22/11/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan ulama Papua sepakat membangun sumber daya manusia (SDM) unggul di Bumi Cenderawasih. Percepatan diperlukan agar akses pendidikan bisa merata di semua wilayah di Indonesia khususnya di daerah-daerah terpencil.

Kesepakatan itu terwujud ketika Ganjar bersilaturahmi dengan sejumlah ulama dan masyayikh se-Papua di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Anwar, Sentani, Jayapura, Papua, Rabu (22/11/2023). Dalam pertemuan yang juga dihadiri masyarakat umum itu, Ganjar berdiskusi tentang problem SDM khususnya di Papua yang masih tertinggal dan belum mendapat perhatian serius dari pemerintah.

"Saya tinggal di daerah namanya Pos 7. Kami sangat prihatin sekali karena anak-anak yang masih kecil tapi sudah merokok dan terjerat narkoba," kata Sri Susilowati, salah satu tokoh masyarakat di Papua.



Sri bercerita sudah berulang kali mencoba melaporkan ke pihak-pihak terkait tapi belum ada tindakan yang berarti sampai sekarang ini. Karena itu, dia berharap Ganjar fokus pada pembangunan SDM di Papua jika terpilih menjadi presiden.

"Sehingga anak-anak bisa terhindar dari tindakan negatif. Seandainya terpilih jadi presiden, mohon Bapak berikan perhatian untuk pembangunan SDM Papua," kata Sri.

Mendapatkan masukan tersebut, Ganjar mengatakan pembangunan SDM merata di seluruh Indonesia adalah prioritas programnya. Menurutnya, SDM unggul adalah kunci Indonesia Emas 2045.

"Pembangunan SDM memang menjadi salah satu prioritas kami. Kami meyakini, Indonesia maju hanya bisa terwujud jika SDM kita unggul. Dan ini mesti cepat," ucapnya.



Menyiapkan SDM unggul, lanjut Ganjar, tidak hanya bisa dipasrahkan kepada sekolah. Peran keluarga sangat penting agar anak-anak tidak terjerumus dalam hal negatif yang bisa mengancam masa depannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)