alexa snippet

Itenas Bandung Ciptakan Mobil Listrik Crossover Pertama di Indonesia

Itenas Bandung Ciptakan Mobil Listrik Crossover Pertama di Indonesia
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berfoto bersama sejumlah mahasiswa Institut Nasional Indonesia Bandung (Itenas) berhasil menciptakan mobil listrik berjenis crossover bernama Evhero. Foto/SINDOnews/Yogi Pasha
A+ A-
BANDUNG - Sejumlah mahasiswa Institut Nasional Indonesia Bandung (Itenas) berhasil menciptakan mobil listrik bernama Evhero. Meski masih prototype, Itenas berhasil merancang dan mewujudkan mobil masa depan.

Mobil listrik berjenis crossover ini bernama Evhero (Elektrik Crossover). Dengan keberhasilan ini, Itenas Bandung menjadi yang pertama di Indonesia yang mampu menciptakan mobil listrik berjenis crossover.

Kepala tim riset dan pengembangan EVHERO, Tarsisius Kristyadi mengatakan, alasan pemilihan jenis crossover, yaitu selain belum pernah diciptakan dan dikembangkan di Indonesia, juga tipe ini sangat cocok dengan kondisi alamiah di Indonesia yang berbatu, berkelok, bervariasi, dan tidak selalu mulus.

"Kami merancang mobil ini selama tiga tahun dari 2014. Kami juga menguji seluruh kekuatan materialnya yang disesuaikan dengan medan jalan di Indonesia," ujarnya dalam paparannya di lokasi kegiatan itu.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, keberhasilan Itenas menciptakan kendaraan listrik Evhero jenis Crossover membuktikan anak bangsa mampu menciptakan mobil dengan teknologi listrik.

"Pemerintah pusat harus bisa mendukung teknologi ramah lingkungan ini. Sebab, kendaraan listrik bisa mengatasi polusi. Selain itu, karya anak bisa menjadi tuan rumah di negerinya sendiri," ujar Ridwan Kamil usai menghadiri peluncuran mobil listrik Evhero di Kampus Itenas Bandung, Rabu(15/11/2017).

Menurut Emil, mobil listrik Evhero sangat stabil, nyaman, dan tidak memiliki suara. Emil berharap mobil Evhero ini bisa segera jalan-jalan di Kota Bandung. "Pemkot Bandung mendukung teknologi ini. Dalam waktu dekat, bisa kita tes di jalanan Kota Bandung," kata dia.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top