alexa snippet

Hadiri Dies Natalis UST, HT Gelorakan Semangat Nasionalisme

Hadiri Dies Natalis UST, HT Gelorakan Semangat Nasionalisme
Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) menjadi pembicara dalam perayaan Dies Natalis ke-62 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Rabu (15/11/2017). Foto/KORAN SINDO/Ainun Nadjib
A+ A-
YOGYAKARTA - Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) diundang sebagai pembicara dalam perayaan Dies Natalis ke-62 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta.

Dalam pidatonya di hadapan rektor, guru besar, para mahasiswa, dan puluhan tamu undangan, HT dengan lantang menggelorakan semangat nasionalisme. Menurutnya, pemahaman nasionalisme harus mampu untuk mempertahankan kedaulatan bangsa, cita-cita, dan identitas bangsa.

HT menilai, kelemahan bangsa terletak pada kesenjangan sosial yang sangat tinggi. Tingkat pendidikan  masyarakat juga kalah dibanding  negara-negara lain.  Kondisi ini  juga terjadi daerah lain.

Tetapi, tegas Ketua Umum Partai Perindo ini, mereka bisa bangkit dari keterpurukan dengan kebijakan yang berbeda. "Teori barat tidak serta merta bisa diterapkan di Indonesia. Indonesia harus dibangun dengan kebijakan," jelasnya.

HT mencontohkan India dan China pada 30 tahun yang lalu, kondisi masyarakat dan ekonominya masih terpuruk. Namun, berkat kebijakan yang tepat China mampu menjadi negara yang ekonominya berpengaruh di dunia.

"India menerapkan kebijakan kapitalisme padahal kondisi masyarakat belum memungkinkan. Akibatnya, saat ini India masih menjadi negara miskin. Kesejangan masih terlalu tinggi," terangnya.

Lebih jauh, pengusaha asal Surabaya ini menjelaskan, kebijakan harus berorientasi pada masyarakat, mengutamakan kesejahteraan rakyat. Hal inilah yang mendorongnya untuk maju dan terjun dalam dunia politik.

"Masalah tidak bisa diselesaikan dengan membagikan uang kepada masyarakat. Tetapi harus ada kebijakan nasional. Masalah kita adalah kesenjangan sosial. Itu hanya bisa diatasi dengan kebijakan" terang HT.

Sekretaris Majelis Luhur Tamansiswa Saur Panjaitan  mengatakan, UST merupakan kampus kebangsaan yang menduduki  ranking ke delapan di Yogyakarta.

Silaturahmi dengan Hary Tanoesoedibjo diharapkan mampu memberikan motivasi kepada mahasiswa. "Kehadiran di sini sangat menyemarakkan Dies Natalis UST ke-62,"terangnya.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top