Perbandingan Statistik Shayne Pattynama va Pratama Arkhan, Siapa Lebih Moncer?

Selasa, 21 November 2023 - 18:00 WIB
loading...
Perbandingan Statistik Shayne Pattynama va Pratama Arkhan, Siapa Lebih Moncer?
Perbandingan Statistik Shayne Pattynama va Pratama Arkhan
A A A
JAKARTA - Shayne Pattynama dan Pratama Arhan adalah dua pemain sepak bola profesional asal Indonesia yang bermain di posisi bek kiri. Keduanya memiliki karier yang menarik untuk dibandingkan, baik di level klub maupun tim nasional.

Shayne Pattynama bermain untuk klub Viking FK di Norwegia sejak tahun 2020. Sementara itu, Pratama Arhan juga bermain untuk klub luar negeri, Tokyo Verdy, di Jepang sejak tahun 2022.



Statistik Shayne Pattynama dan Pratama Arhan menarik dibahas mengingat posisi keduanya sama dalam Timnas Indonesia. Memasuki laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026, sepak terjang keduanya patut untuk dibandingkan.

Perbandingan Statistik Shayne Pattynama dan Pratama Arkhan

1. Jumlah Gol


Shayne Pattynama telah mencetak satu gol untuk timnas Indonesia, yaitu saat melawan Irak pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Gol itu tercipta dari tendangan di kotak pinalti Irak.

Sementara itu, Pratama Arhan telah mencetak tiga gol untuk timnas Indonesia, yaitu saat melawan Malaysia, Filipina, dan Laos yang tercipta pada tahun 2021-2022. Ketiga gol itu berasal dari tembakan jarak jauh yang mengecoh kiper lawan.

2. Banyaknya Permainan


Shayne Pattynama sendiri telah bermain sebanyak empat kali untuk timnas Indonesia, dengan total menit bermain sebesar 360 menit. Ia selalu menjadi starter di semua pertandingan yang ia ikuti.

Sedangkan Pratama Arhan telah bermain sebanyak 34 kali untuk timnas Indonesia, dengan total menit bermain sebesar 2.640 menit. Ia juga lebih banyak menjadi starter di semua pertandingan yang ia ikuti di Timnas Indonesia.

3. Penyelamatan


Shayne Pattynama dan Pratama Arhan sama-sama berperan sebagai bek kiri yang bertugas untuk menjaga lini pertahanan timnas Indonesia. Keduanya memiliki kemampuan yang baik dalam hal menutup ruang, melakukan tekel, dan menghalau bola.

Menurut data dari Transfermarkt, Shayne Pattynama telah melakukan 12 tekel, 10 intersep, dan 14 clearances di empat pertandingan yang ia mainkan. Sedangkan Pratama Arhan telah melakukan 36 tekel, 28 intersep, dan 42 clearances di 34 pertandingan yang ia mainkan.

4. Kontribusi


Shayne Pattynama dan Pratama Arhan sama-sama memberikan kontribusi yang besar bagi timnas Indonesia, baik di sektor serangan maupun pertahanan. Shayne Pattynama memiliki kemampuan untuk mengirim umpan-umpan akurat, baik dari sisi sayap maupun dari tendangan bebas.

Ia juga memiliki kecepatan dan stamina yang baik untuk berlari bolak-balik di sisi kiri lapangan. Pratama Arhan memiliki kemampuan untuk mencetak gol-gol spektakuler dari jarak jauh, baik dengan kaki kanan maupun kiri. Ia juga memiliki kekuatan dan ketangkasan yang baik untuk berduel dengan pemain lawan di sisi kiri lapangan.

5. Perbedaan


Shayne Pattynama dan Pratama Arhan juga memiliki beberapa perbedaan dalam permainan mereka. Shayne Pattynama lebih mengandalkan teknik dan akurasi dalam permainannya, sedangkan Pratama Arhan lebih mengandalkan kekuatan dan keberanian dalam permainannya.

Shayne Pattynama lebih sering bermain sebagai playmaker yang mengatur aliran bola dari belakang, sedangkan Pratama Arhan lebih sering bermain sebagai finisher yang menyelesaikan serangan dari depan.

Shayne Pattynama lebih berpengalaman bermain di luar negeri, yaitu di Belanda dan Norwegia, sedangkan Pratama Arhan lebih berpengalaman bermain di dalam negeri, yaitu di Indonesia dan baru beberapa saat memulai kariernya di Jepang.

Pattynama dan Pratama Arhan menjadi dua pemain muda yang berbakat dan berpotensi untuk menjadi bintang timnas Indonesia di masa depan. Keduanya adalah aset berharga bagi timnas Indonesia, yang bisa memberikan harapan dan kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3870 seconds (0.1#10.140)