alexa snippet

Jokowi Diharapkan Bisa Segera Tunjuk Pengganti Panglima TNI Baru

Jokowi Diharapkan Bisa Segera Tunjuk Pengganti Panglima TNI Baru
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto/Isra Triansyah/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta segera melakukan proses pergantian Panglima TNI. Pasalnya, Panglima TNI Jenderal Gatot ‎Nurmantyo akan memasuki masa pensiun Maret 2018 mendatang.‎

"Kami memandang sudah semestinya Presiden Jokowi untuk segera melakukan proses pergantian Panglima mengingat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dalam waktu dekat akan memasuki masa pensiun," kata Wakil Direktur Imparsial, Gufron Mabruri dalam konferensi pers di Kantornya, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (12/11/2017).

Gufron membeberkan, tiga alasan mengapa pergantian Panglima TNI penting dan perlu segera dilakukan. Pertama, mengacu pada Undang-Undang (UU) tentang TNI, pergantian Panglima TNI membutuhkan persetujuan DPR.

Dia menerangkan, dengan pengajuan nama calon Panglima TNI baru sebagai pengganti Gatot Nurmantyo dari sekarang tentu akan memberikan keleluasaan bagi DPR untuk mencermati dan memeriksa profil kandidat sebelum memberi keputusan.

"Dengan begitu, pengambilan keputusan yang tergese-gesa dapat dihindari," katanya.

Kemudian alasan yang k‎edua, memberikan ruang bagi masyarakat sipil untuk ikut berpartisipasi dalam mencermati sosok kandidat calon Panglima TNI.

Lebih lanjut dia mengatakan, meski pemilihan Panglima TNI merupakan hak prerogratif Presiden, namun sangat penting bagi Presiden untuk mempertimbangkan dan mencermati masukan dari publik.

"Ketiga, semakin cepat proses pergantian Panglima TNI dilakukan akan sedikit banyak membantu memperlancar proses transisi manajerial organisasi di dalam tubuh Mabes TNI," pungkasnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top