Kisah Mendebarkan Prada Pardjo, Menyamar Jadi Mayat saat Misi di Pedalaman Hutan Papua

Selasa, 21 November 2023 - 10:27 WIB
loading...
Kisah Mendebarkan Prada Pardjo, Menyamar Jadi Mayat saat Misi di Pedalaman Hutan Papua
Prajurit pasukan elite Kopassus menembus rimba belantara dalam sebuah operasi tempur. Foto/Penerangan Kopassus.
A A A
JAKARTA - Prada Pardjo memiliki sebuah kisah mendebarkan dalam riwayat karier militernya. Hal itu terjadi saat dirinya menjalankan sebuah misi di pedalaman hutan Papua.

Dalam misi tersebut, ia pernah dihadapkan dalam situasi mendebarkan yang mengancam nyawanya. Kisahnya ini terjadi ketika Prada Pardjo menjadi salah satu prajurit yang masuk pasukan gabungan untuk tugas di Papua.

Kisah Mendebarkan Prada Pardjo saat Misi di Papua


Kisah Prada Pardjo terjadi saat awal-awal perebutan Irian Barat, sekitar 1961-1962. Waktu itu, pasukan gabungan Kopassus dan Pasukan Gerak Tjepat (PGT) pimpinan Letnan Dua (Letda) Inf Agus Hernoto diterjunkan ke dalam hutan rimba Papua.



Rencana operasi pun dimulai. Saat berupaya melakukan penyusupan, Pardjo bersama rekan-rekannya disergap pasukan Korps Marinir Kerajaan Belanda di daerah Fakfak.

Melihat kekuatan yang tidak berimbang, pasukan gabungan pun terdesak. Maka dari itu, mereka pun mundur ke dalam hutan karena mengingat instruksi yang diberikan pimpinan sebelumnya.

Beberapa waktu berselang, pasukan gabungan merasa keadaan mulai tenang. Mereka pun memberanikan diri keluar dari hutan untuk kembali melakukan penyusupan.

Namun, pasukan gabungan dihadapkan kondisi tak terduga. Mereka melihat sebuah kampung yang telah diratakan tentara Belanda.

Melihat kondisi para anggotanya yang mulai menurun, Letda Inf Agus Hernoto memutuskan untuk beristirahat di sebuah kebun pala. Kurang beruntung, secara mendadak mereka justru kembali muncul serangan dari pasukan Marinir Belanda.

Setelah itu, kontak tembak pun terjadi. Karena kondisi tak terduga, pasukan gabungan terdesak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2152 seconds (0.1#10.140)