Ketua DPR: Hari Pahlawan, Momentum Satukan Hati Membangun Negeri

Jum'at, 10 November 2017 - 23:27 WIB
Ketua DPR: Hari Pahlawan, Momentum Satukan Hati Membangun Negeri
Ketua DPR: Hari Pahlawan, Momentum Satukan Hati Membangun Negeri
A A A
JAKARTA - Hari ini, 10 November 2017, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Peringatan ini sebagai bentuk refleksi dan penghargaan atas jasa pengorbanan para pahlawan, sekaligus membangun ingatan kolektif serta kesadaran generasi penerus sebagai satu bangsa dan satu negara.

"Para pahlawan yang gugur telah berjuang sepenuh hati demi kelangsungan masa depan bangsa dan negara. Sebagai generasi penerus, sudah sepatutnya menyatukan kembali hati kita, mengendalikan ego pribadi dan golongan, serta mempererat rasa persaudaraan. Dengan demikian bisa menyukseskan agenda pembangunan nasional," ujar Ketua DPR RI Setya Novanto.

Novanto berpesan jangan sampai darah para pahlawan menjadi sia-sia karena generasi penerus tidak bisa mengisi kemerdekaan dengan baik. “Jiwa saya senantiasa bergetar jika membayangkan seperti apa pertempuran yang dihadapi para pendahulu kita. Sudah sepatutnya, kita yang masih hidup mempersembahkan setiap hela napas untuk berbakti kepada Ibu Pertiwi,” ujar Novanto.

Novanto juga mengingatkan pesan Bung Karno bahwa bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka. Karena itu, Novanto berharap kepada generasi muda secara khusus, agar selalu percaya diri. "Tak perlu minder atau merasa rendah diri. Karena kita telah diwariskan bangsa yang besar dengan wilayah yang luas. Sudah sepatutnya kita bangga dan membalas jasa mereka dengan karya," kata Novanto.

Jejak langkah para pahlawan juga sepatutnya menggugah semua komponen bangsa agar senantiasa berdiri sejajar dengan negara lain di dunia. Jumlah penduduk yang besar dengan wilayah luas yang telah diwariskan oleh generasi pendahulu, harus dibuat menjadi bangsa terhormat yang ikut andil dalam percaturan politik internasional. "Terutama dalam mewujudkan dunia tanpa penindasan, mewujudkan indahnya kedamaian," pungkas Novanto.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6521 seconds (0.1#10.140)