Jokowi Akan Hadiri KTT APEC dan KTT ASEAN

Jum'at, 10 November 2017 - 16:03 WIB
Jokowi Akan Hadiri KTT APEC dan KTT ASEAN
Jokowi Akan Hadiri KTT APEC dan KTT ASEAN
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini bertolak ke Da Nang, Vietnam untuk menghadiri KTT APEC pada 10-11 November dan KTT ASEAN di Manila, Filipina pada 12-14 November 2017.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI-AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pukul 10.30 WIB pagi tadi.

Jokowi menyampaikan bahwa KTT APEC tahun ini yang bertema 'Creating New Dynamism, Fostering A Shared Future'. Indonesia akan menyampaikan beberapa poin penting.

"Pertama development goods, utamanya menghilangkan hambatan non tarif bagi produk-produk Indonesia yang berkontribusi pada pembangunan pedesaan dan pengentasan kemiskinan," kata Presiden setelah menghadiri acara pemberian nama pesawat N-219 di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Selain itu, Indonesia juga akan mengupayakan langkah-langkah untuk mempersempit kesenjangan ekonomi atau inklusifitas, peningkatan pembangunan infrastruktur dan mengedepankan 'maritime based policy'.

Adapun setibanya di Da Nang, Presiden Jokowi akan langsung menghadiri 'APEC Business Advisory Council (ABAC) Dialogue'.

Sementara itu dalam KTT ASEAN di Manila, Indonesia akan mengusung upaya peningkatan kerjasama baik antar Anggota ASEAN maupun antara ASEAN dengan negara-negara mitranya.

"Saya berharap kunjungan kerja ini akan memberikan manfaat nyata yang bisa dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia dan juga rakyat di ASEAN serta Asia Pasifik," ucap Jokowi.

Turut menyertai Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Da Nang, Vietnam yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Staf Khusus Presiden Johan Budi, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi dan Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal Hadi Tjahjanto turut mengantar keberangkatan Presiden dan Ibu Iriana di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5310 seconds (0.1#10.140)