Pengalaman Unik Menikmati Inovasi Kopi Artisan

Senin, 20 November 2023 - 17:45 WIB
loading...
Pengalaman Unik Menikmati Inovasi Kopi Artisan
Pengalaman menikmati kopi yang unik dapat dirasakan di Second Floor Coffee. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pengalaman menikmati kopi yang unik dapat dirasakan di Second Floor Coffee.

Pendiri Second Floor Coffee Adi Suhendra mengungkapkan, perjalanan bisnis ini bermula dari kecintaannya pada berbagai jenis kopi di Indonesia. Ia lalu berinovasi untuk meracik biji kopi dengan berbagai buah-buahan dan tumbuhan tropis di Indonesia.

Adi Suhendra menghabiskan waktu lima tahun untuk meriset, meracik, serta mengembangkan produknya sehingga membuahkan hasil andalannya yaitu signature coffee dan cold brew.

Saat kerja kerasnya membuahkan hasil, Adi Suhendra lalu memutuskan untuk fokus mengembangkan bisnis coffe shop sehingga memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya. Ia mengejar passion untuk membuat inovasi “specialty coffee line up" bagi penikmat kopi maupun yang bukan penikmat kopi.

Second Floor Coffee pertama kali didirikan di Sanur, Bali. Filosofi nama Second Floor diambil dari tempat pertama kali berjualan yaitu di lantai dua rumah pendiri Adi Suhendra. Produk kopi yang ditawarkan ternyata digandrungi banyak orang, terlebih para pekerja yang work from Bali saat pandemi yang lalu.
Pengalaman Unik Menikmati Inovasi Kopi Artisan

Foto/Istimewa

Berkat dukungan para pelanggan, akhirnya Second Floor Coffee melakukan ekspansi ke daerah Jabodetabek. Kini coffee shop tersebut telah hadir di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, lalu di Menteng, Jakarta Pusat, dan di Jl. Cikajang, Jakarta Selatan.

Kemudian ekspansi akan menyusul di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, dan di Bintaro, Tangerang Selatan. Tak hanya itu, kini outlet yang ada di Bali diperluas dan menambah flagship outlet di Pahdi, Kintamani. Dalam waktu tiga tahun, Second Floor Coffee telah membuka lima outlet.

"Perluasan outlet dan meningkatnya kunjungan tamu kami, bukan semata karena kafenya yang unik atau fotogenik. Tapi, kopi kami sendiri yang berbicara dan meninggalkan kesan yang mendalam bagi mereka yang pernah meneguk kopi kami," ucap Mohammad Badarudin, Co-Founder Second Floor Coffee, di Jakarta belum lama ini.

"Rahasianya ada di racikan kopi kami yang tidak pernah ditemui di kedai kopi mana pun, baik di Indonesia maupun luar negeri,” tambahnya.

Di Second Floor Coffee basisnya adalah khasanah lokal, yaitu memadukan buah lokal dan biji kopi pilihan dari Sabang sampai Merauke, tanpa menambahkan gula serta sirup karena rasa manis yang muncul pada kopi berasal dari buah yang diproses dalam peracikan tersebut.

"Racikan ini dibuat melalui perjalanan riset panjang selama lima tahun," kata Mohammad Badarudin.

Produk kopi yang ditawarkan oleh Second Floor Coffee antara lain Specialty Coffee Artisan. Produk ini merupakan kopi yang mempunyai kualitas terbaik dengan berbagai proses khusus dari awal pemetikan kopi, dicuci, dan di-roasting sehingga menjadi biji kopi yang berkualitas.

Lalu ada Signature Coffee Second Floor Coffee (90ml). Produk ini merupakan kopi dingin yang diracik dari biji kopi espresso. Kopi ini memiliki cita rasa manis dari buah dan rumput laut yang disajikan tanpa tambahan susu sapi. MG/Stevhani Tobing
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)