UNS Raih Peringkat ke-8 Kampus Terbaik di Indonesia Versi 4ICU

Kamis, 06 Agustus 2020 - 23:35 WIB
loading...
UNS Raih Peringkat ke-8 Kampus Terbaik di Indonesia Versi 4ICU
Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo memperoleh peringkat ke-8 kampus terbaik di Indonesia versi 4 International Colleges and Universities ( 4ICU) pada Agustus 2020. Peringkat mengalami kenaikan mengingat Januari 2020, peringkat UNS versi 4ICU di urutan ke-23.

Rektor UNS Solo Profesor Jamal Wiwoho mengatakan, pemeringkatan itu sifatnya dinamis, sehingga bisa naik maupun turun. “Saya sangat bersyukur peringkat UNS versi 4ICU mengalami kenaikan dibanding periode sebelumnya,” kata Jamal Wiwoho, Kamis (6/8). Dirinya mengucapkan terimakasih kepada penanggungjawab di masing-masing pemeringkatan yang telah melakukan evaluasi. (Baca juga: Vokasi ITS Kembangkan Pembaruan Sertifikasi di Tengah Pandemi )

Sehingga, pada periode Agustus 2020, pemeringkatan UNS di 4ICU meningkat.“Jadi ada paramater di setiap pemeringkatan dan sudah ada PIC-nya. Kemudian ketika pemeringkatan keluar, maka akan dievaluasi oleh masing-masing PIC-nya. Jadi kira-kira kekurangannya apa bisa dilakukan perbaikan,” imbuhnya.

Dikutip dari laman www.4icu.org, 4ICU merupakan suatu mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh sekitar 11.606 perguruan tinggi di seluruh dunia yang terakreditasi dan tersebar di 200 negara. Terdapat lima kriteria yang dipakai sebagai parameter. Yakni Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, Majectic Seo Referring Domain, Citation Flow, dan Majestic Seo Trust Flow. (Baca juga: Membanggakan, Siswi Indonesia Raih Emas di Ajang Internasional )

Google Page Rank merupakan kriteria perangkingan yang mempertimbangkan jumlah halaman yang muncul di laman Google, sedangkan Alexa Traffic Rank menentukan peringkat berdasarkan tingkat yang bisa diakses. Majestic SEO Referring Domains merupakan kriteria terkait dengan isi, Majestic Seo Citation Flow adalah sejauh mana karya-karya UNS dikutip.

Dan terakhir Majestic Seo Trust Flow adalah kriteria terkait dengan karya yang dikutip merupakan suatu yang baik, benar, dan terpercaya.“Saya berharap semoga peringkat 4ICU UNS terus meningkat. Tidak hanya 4ICU, namun juga pemeringkatan UNS lainnya bisa meningkat,” tegasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)