Role of the Games Peringkat Ketiga Terbaik Piala Dunia U-17 2023

Rabu, 15 November 2023 - 02:12 WIB
loading...
Role of the Games Peringkat Ketiga Terbaik Piala Dunia U-17 2023
Kemenangan atas Maroko di laga ketiga Grup A di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, akan membuat Indonesia U-17 bisa menjadi runner-up ataupun juara grup. / Foto: Instagram @timnas.indonesia
A A A
JAKARTA - Peringkat ketiga terbaik menjadi pencapaian paling realistis untuk timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Sementara banyak kalangan yang masih belum mengetahui aturan mengenai peringkat ketiga terbaik.

Timnas Indonesia U-17 telah memainkan dua laga di Grup A Piala Dunia U-17 2023. Hasilnya, tim berjuluk Garuda Asia itu mendapatkan hasil imbang 1-1 baik dengan Ekuador maupun Panama.

Hasil tersebut membuat timnas Indonesia U-17 menempati peringkat ketiga di klasemen sementara Grup A dengan mengumpulkan 2 poin. Kendati demikian, Garuda Asia masih memiliki peluang lolos ke babak selanjutnya.



Kemenangan atas Maroko di laga ketiga Grup A di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, akan membuat Indonesia U-17 bisa menjadi runner-up ataupun juara grup. Sementara hasil imbang akan membuat tim besutan Bima Sakti itu akan menempati posisi ketiga.

Piala Dunia U-17 2023 diikuti 24 peserta dan dibagi ke dalam 6 grup yang berisikan masing-masing empat tim. Sementara posisi dua teratas di setiap grup akan secara otomatis lolos ke babak 16 besar.

Kemudian, terdapat empat tim yang akan mengikuti jejak 12 tim yang sudah terlebih dahulu lolos ke babak 16 besar. Namun keempat tim tersebut akan bersaing untuk memperebutkan posisi peringkat ketiga terbaik.

Sementara terdapat beberapa aturan untuk bisa menjadi satu dari empat tim peringkat terbaik. Dalam regulasi FIFA pasal 13.2 terdapat lima aturan mengenai peringkat ketiga terbaik di Piala Dunia U-17 2023.

Pertama, FIFA akan menghitung jumlah poin terbanyak yang diperoleh tim untuk menentukan peringkat ketiga terbaik. Kedua, selisih gol juga akan dihitung dalam penentuan peringkat.

Ketiga, FIFA juga melihat perilaku tim dan official selama babak penyisihan grup. Bahkan, FIFA menghitung kartu kuning dan merah selama fase grup berlangsung untuk menentukan peringkat ketiga terbaik.

Untuk kartu kuning FIFA akan mengurangi satu poin, sedangkan untuk dua kartu kuning dalam satu pertandingan yang didapatkan seorang pemain FIFA langsung mengurangi tiga poin. Sementara untuk kartu merah akan dikurangi empat poin, sedangkan kartu kuning dan merah akan mendapatkan pengurangan lima poin.



Usai mendapatkan empat tim sebagai peringkat ketiga terbaik, FIFA akan mengadakan pengundian untuk babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Babak 16 besar akan berlangsung pada 20-21 November 2023.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8036 seconds (0.1#10.140)