Perjuangan Kemerdekaan Dinilai Tak Lepas dari Peran Santri

Senin, 23 Oktober 2017 - 10:16 WIB
Perjuangan Kemerdekaan Dinilai Tak Lepas dari Peran Santri
Perjuangan Kemerdekaan Dinilai Tak Lepas dari Peran Santri
A A A
JAKARTA - Kalangan pesantren atau santri baru saja memperingati Hari Santri Nasional. Eksistensi perjuangan mereka dikuatkan oleh pengakuan Pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2015.

Wakil Ketua bidang Keagamaan dan Kepercayaan Banteng Muda Indonesia (BMI) Provinsi DKI Jakarta, Fadli Harahab mengatakan, dengan Kepres tersebut, santri bukan saja lebih leluasa melakukan selebrasi, melainkan peran mereka terhadap bangsa tak bisa dipungkiri.

"Kami sangat sadar bahwa perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia tidak terlepas dari peran santri yang ada didalamnya, karenanya kami menyampaikan dukungan dan selamat merayakan bagi seluruh santri yang ada di Indonesia," kata Fadli, Senin (23/10/2017).

Dia menilai, pada era saat ini santri terus menjaga dan mengawal keutuhan NKRI, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Karenanya peran mereka tidak bisa dipandang sebelah mata.

"Jangan sampai ada yang ingin mengganti apa yang telah disepakati oleh kiai-kiai dan pejuang-pejuang yang telah berdarah-darah membuat Indonesia merdeka," ujarnya.

Selain itu, diharapkan santri terus berperan aktif di tengah masyarakat untuk terus menyebarkan Islam toleran dan menghargai kemajemukan, sehingga terwujud Islam yang rahmatallilalamin.

"Santri harus bisa menjadi pewaris nabi dalam mewujudkan amanatnya, apa itu? manjadi sumber kesejukan dalam masyarakat, bukan mencemaskan masyarakat," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3384 seconds (0.1#10.140)