8 Tips agar Jok Mobil Tidak Berjamur, Ketahui sebelum Menggantinya

Senin, 13 November 2023 - 12:48 WIB
loading...
8 Tips agar Jok Mobil Tidak Berjamur, Ketahui sebelum Menggantinya
Ada beberapa tips agar jok mobil tidak berjamur. Salah satunya hindari kondisi lembap dan basah. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Tips jok mobil tidak berjamur penting diketahui setiap pemilik kendaraan. Sebab, permasalahan ini kerap terjadi ketika jok mobil mulai usang karena termakan usia.

Jamur dapat membuat jok mobil menjadi kotor, bau, dan rusak. Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk mencegah dan membersihkannya secara rutin.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah dan membersihkan jamur jok pada mobil.

Tips agar Jok Mobil Tidak Berjamur


1. Bersihkan jok mobil secara berkala


Jok mobil yang kotor dan berdebu dapat menjadi tempat yang disukai oleh jamur untuk tumbuh. Untuk membersihkan jok mobil, gunakan sikat lembut atau penyedot debu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.

2. Jaga jok mobil selalu dalam keadaan kering


Kelembapan adalah faktor utama yang menyebabkan jamur tumbuh. Jok mobil yang basah atau lembap dapat menjadi sarang jamur. Untuk mengeringkan jok mobil, gunakan kain lap yang bersih dan kering untuk menyerap air yang ada.


3. Pastikan mobil dalam keadaan rapat


Mobil yang tidak rapat dapat membiarkan udara lembab masuk ke dalam kabin. Udara lembab dapat meningkatkan risiko jamur tumbuh di jok mobil. Untuk mencegah hal ini, pastikan jendela, pintu, dan bagasi mobil tertutup dengan baik.

4. Bersihkan interior mobil di tempat cuci mobil


Jika jok mobil sudah terlanjur berjamur, sebaiknya bawa mobil ke tempat cuci mobil yang profesional. Di sana, jok mobil akan dibersihkan dengan menggunakan alat dan bahan yang tepat.

Biasanya, jok mobil akan disemprot dengan cairan pembersih khusus yang dapat membunuh jamur dan menghilangkan bau. Selain itu, jok mobil juga akan dikeringkan dengan mesin pengering yang efektif.


5. Gunakan penutup jok yang tahan air atau tahan jamur


Salah satu cara untuk melindungi jok mobil dari jamur adalah dengan menggunakan penutup jok yang tahan air atau tahan jamur. Penutup jok jenis ini dapat mencegah air atau kelembapan masuk ke dalam jok mobil.

6. Hindari menyimpan pakaian basah di dalam mobil


Pakaian basah, seperti baju renang, handuk, atau payung, dapat menjadi sumber kelembaban di dalam mobil. Pakaian basah dapat meneteskan air ke jok mobil dan membuatnya lembap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2015 seconds (0.1#10.140)