alexametrics

KPU Siap Hadapi Upaya Hukum Parpol Tak Lolos Syarat Pendaftaran

loading...
KPU Siap Hadapi Upaya Hukum Parpol Tak Lolos Syarat Pendaftaran
Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Islam Damai Aman (Idaman) setidaknya dua partai yang sudah mengajukan upaya hukum atau melakukan pengaduan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Dua partai tersebut merupakan dari 13 parpol yang dinyatakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak lengkap berkas persyaratannya, sehingga dikembalikan. Bahkan, partai-partai tersebut berpotensi gagal menjadi peserta Pemilu 2019.

KPU mengaku menghormati upaya hukum yang bakal ditempuh sejumlah parpol yang ditengarai tidak terima lantaran divonis tidak lengkap bukti persyaratan mereka. Parpol-parpol tersebut dipersilakan membawa masalah ini ke Bawaslu atau intitusi lain.

"Tapi kita pastikan KPU telah bertindak melayani pendaftaran parpol secara adil dan setara," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan saat dikonfirmasi, Jumat (20/10/2017).



Untuk diketahui, dari 13 parpol yang dinyatakan tidak lengkap berkas pesyaratannya oleh KPU tidak bisa menunjukkan berkas sebaran pengurus partai di tingkat daerah. PBB misalnya, dianggap KPU tidak terpenuhinya syarat kepengurusan di tingkat kecamatan.

Menurut Wahyu, terlepas dari problematika yang dialami 13 parpol tersebut, pihaknya mengaku siap menghadapi upaya hukum yang akan ditempuh mereka. "Kita dalam posisi siap mengikuti upaya hukum," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, KPU akhirnya merilis partai-partai calon peserta pemilu yang dinyatakan lengkap berkas dan dapat melanjutkan ke tahap penelitian administrasi.

Ada 14 parpol yang lolos, antara lain Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Kemudian Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Nasdem, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, Partai Berkarya dan Partai Garuda.

Adapun 13 partai yang dinyatakan tidak lengkap berkasnya, Partai Indonesia Kerja (PIKA), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), PNI Marhaenisme, Partai Bhinneka Indonesia (PBI), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Islam Damai Aman (Idaman).

Ada juga Partai Pemersatu Bangsa (PPB), Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Rakyat, Partai Reformasi, Partai Republik, Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo), Partai Republik Nusantara (Republikan).
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak