10 Universitas Favorit di Kota Semarang, Kampus Pilihan Jawa Tengah dan Sekitarnya

Senin, 13 November 2023 - 08:12 WIB
loading...
10 Universitas Favorit di Kota Semarang, Kampus Pilihan Jawa Tengah dan Sekitarnya
Universitas Dian Nuswantoro (Undinus) menjadi salah satu perguruan tinggi favorit di Kota Semarang yang bisa dijadikan tujuan studi calon mahasiswa di Jawa Tengah dan sekitarnya. Foto/Ist
A A A
SEMARANG - Ini daftar 10 universitas terbaik di Kota Semarang Jawa Tengah. Berminat melanjutkan studi di Kota Semarang? Sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Kota Semarang memang memiliki banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang memiliki kualitas amat baik (akreditasi A).

Beberapa nama-nama universitas di Semarang ini bahkan menjadi langganan masuk dalam 10 besar Universitas terbaik di Indonesia.Artikel kali ini akan mengulas setidaknya ada 10 perguruan tinggi terbaik di Kota Lumpia ini, simak ya!

10 Universitas Terbaik di Kota Semarang


1. Universitas Diponegoro (Undip)

Berdiri sejak tahun 1957, Universitas Diponegoro atau yang lebih akrab disapa Undip ini merupakan salah satu Universitas Semarang Jawa Tengah yang masuk ke dalam 10 peringkat universitas terbaik di Indonesia Tak hanya menjadi kampus favorit masyarakat Kota Semarang saja, Universitas yang satu ini juga menjadi salah satu kampus favorit bagi calon mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia untuk menuntut ilmu.

2. Universitas Negeri Semarang (Unnes)


Sebelum menjadi Universitas Negeri Semarang, Unnes dulunya merupakan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang. Status perubahan dari IKIP Semarang menjadi UNNES ini terjadi pada tahun 1999 dengan diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 124 tahun 1999 tentang perubahan IKIP Semarang.

3. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)


Udinus masuk ke dalam jejeran universitas swasta terbaik di Jawa Tengah. Keseriusan pengelola Udinus dalam mengaplikasikan slogan cyber university membuat Udinus cukup populer dengan program studi Teknologi Informasi-nya. Universitas yang satu ini berhasil menciptakan lulusan di bidang teknologi dan informasi terbaik di Jawa Tengah.


4. Universitas Islam Sultan Agung (Unissula)


Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) memang sudah cukup populer di Indonesia, bahkan kampus swasta yang satu ini sudah meneguhkan diri sebagai World Class Islamic University dan secara konsisten mengembangkan empat strategi pendidikan yang kini telah menjadi ciri khas dari Unissula sendiri.

5. Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo


Berlokasi tepat di Jalan Walisongo No. 3-5, Tambakaji, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah, jika kamu ingin belajar ilmu agama pada jenjang perguruan tinggi negeri maka Universitas Islam Negeri Walisongo bisa menjadi prioritas pilihanmu. Berdasarkan peringkat Webometrics, universitas swasta Islam yang satu ini menduduki peringkat ke-71 di Indonesia dan menduduki peringkat ke-4895 di dunia. Universitas ini seringkali mengadakan kerjasama dan studi banding dengan universitas lainnya di Indonesia.

6. Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus)


Dikelola dan dimiliki oleh Yayasan Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Semarang merupakan salah satu kampus yang masuk dalam jejeran kampus swasta favorit di Kota Semarang. Berlokasi tepatnya di Jalan Kedungmundu Raya No.18, Kedungmundu, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Universitas Muhammadiyah Semarang ini menduduki peringkat ke-134 di Indonesia dan urutan ke-8905 di dunia.

7. Unisbank Semarang


Sering disapa dengan sapaan Unisbank Semarang, kampus swasta yang satu ini beralamat di Jalan Tri Lomba Juang, Mugassari, Semarang, Semarang, Jawa Tengah.Unisbank sejauh ini telah banyak melahirkan tenaga ahli dalam bidang ekonomi, bisnis, dan bidang teknologi informasi.

8. Universitas Katholik Soegijapranata


Universitas Katholik Soegijapranata merupakan universitas swasta katholik yang cukup populer dan menjadi salah satu kampus favorit, khususnya di kota Semarang. Berlokasi tepat di Jalan Pawiyatan Luhur IV/1, Bendan Dhuwur, Tinjomoyo, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah, universitas ini menduduki peringkat ke-140 di Indonesia dan urutan ke-9321 di dunia.

9. Universitas Semarang


Universitas Semarang beralamatkan di Jalan Soekarno-Hatta, Tlogosari Kulon, Semarang, Jawa Tengah, didirikan oleh alumni Universitas Diponegoro sebagai salah satu bentuk kepedulian mereka untuk mengembangkan dunia pendidikan. Tenaga pengajarnya juga didatangkan dari Universitas Diponegoro. Menurut versi Webometrics, Universitas Semarang menduduki peringkat ke 172 di Indonesia dan 116.888 di dunia.

10. Politeknik Negeri Semarang


Politeknik Negeri Semarang sering disingkat Polines Semarang. Beralamatkan di Jalan Prof. H. Soedarto, S.H., Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Kampus ini mempunyai keunggulan, yaitu para tenaga pengajarnya merupakan praktisi handal pada bidangnya. Menurut versi Webometrics, Polines Semarang menduduki peringkat 191 di Indonesia dan 12.979 di dunia.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3645 seconds (0.1#10.140)