alexametrics

Sebab 13 Parpol Gagal Terdaftar sebagai Calon Peserta Pemillu

loading...
Sebab 13 Parpol Gagal Terdaftar sebagai Calon Peserta Pemillu
Ilustrasi. Foto/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya mengembalikan berkas 13 partai politik (parpol) karena dianggap belum lengkap untuk mengajukan diri sebagai calon peserta pemilu 2019.

Beragam tidak lengkapnya persyaratan parpol, mulai dari jumlah kepengurusan di tingkat provinsi, kabupaten/kota atau kecamatan, hingga jumlah pengurus yang tidak sesuai antara data di dalam sistem informasi partai politik (sipol) dengan hardkopi yang diserahkan ke KPU.



Berikut sebab tidak lengkapnya data parpol yang dihimpun dari sipol yang telah dipublikasikan oleh KPU:

Partai Indonesia Kerja (PIKA), tidak dapat memenuhi syarat 50% pengurus di tiap kecamatan yang ada di satu kabupaten/kota. (Jumlah kecamatan 2.355 pengurus)

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), terdapat perbedaan jumlah pengurus yang diserahkan ke KPU dalam bentuk hardkopi dengan data yang dimasukkan kedalam sipol.

Partai Bhinneka Indonesia (PBI), tidak terpenuhinya syarat 50% pengurus di kecamatan di satu kabupaten/kelurahan. (jumlah pengurus kecamatan 273)

Partai Bulan Bintang (PBB) (tidak terpenuhinya syarat 50% pengurus di kecamatan di satu kabupaten/kelurahan. (jumlah pengurus kecamatan 3.100)
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak