Cara Membaca Tajwid Surat Al-Qasas Ayat 81 Beserta Penjelasannya

Sabtu, 11 November 2023 - 17:50 WIB
loading...
Cara Membaca Tajwid Surat Al-Qasas Ayat 81 Beserta Penjelasannya
Surat Al-Qasas merupakan surat ke-28 dalam mushaf Al-Quran berisikan 88 ayat. Foto/dok My Islam
A A A
Hukum tajwid Surat Al-Qasas Ayat 81 menarik untuk dipelajari. Terlebih, bagi kaum muslim yang sedang belajar tahsin dan ilmu tajwid.

Surat Al-Qasas merupakan surat ke-28 dalam mushaf Al-Qur'an berisikan 88 ayat. Masuk golongan surat Makkiyyah, surat ini dinamai dengan Al-Qasas karena pada ayat 25 terdapat kata Al-Qasas yang berarti cerita.

Kali ini, kita akan mengulas cara membaca hukum tajwid Ayat ke-81 dari Surat Al-Qasas. Langsung saja, simak penjelasannya berikut:

فَخَسَفۡنَا بِهٖ وَبِدَارِهِ الۡاَرۡضَ فَمَا كَانَ لَهٗ مِنۡ فِئَة يَّـنۡصُرُوۡنَهٗ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ وَمَا كَانَ مِنَ الۡمُنۡتَصِرِيۡنَ

Latin: Fakhasafnaa bihii wa bidaarihil ardha famaa kaana lahu min fi-atiy yanshuruu nahuu min duunillaahi wa maa kaana minal muntashiriin.

Artinya: "Maka Kami benamkan dia (Qarun) bersama rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya satu golongan pun yang akan menolongnya selain Allah, dan dia tidak termasuk orang-orang yang dapat membela diri." (QS. Al-Qasas Ayat 81)

Bacaan Tajwid Surat Al-Qasas Ayat 81:

1. فَخَسَفۡنَا (Fakhasafnaa)
Ada hukum tajwid Mad Thabi'i. Alasannya karena terdapat Alif yang sebelumnya didahului huruf berbaris fathah. Cara bacanya panjang hingga 2 harakat.

2. وَبِدَارِهِ (wa bidaarihi)
Ada Mad Thabi'i, karena terdapat Alif mati yang didahului huruf berharakat fathah. Cara bacanya panjang 2 harakat. Kemudian, ada juga Tarqiq. Alasannya karena ada huruf Ra berharakat kasrah. Cara membacanya adalah huruf Ra dibaca tipis.

3. الۡاَرۡضَ (al-Ardhi)
Hukum bacaan Alif Lam Qamariyah. Alasannya karena ada Alif lam bertemu dengan huruf hamzah (huruf Qamariyah). Cara membacanya lam mati dibaca dengan jelas. Kemudian, ada juga Tafkhim. Penyebabnya ada Ra mati yang sebelumnya didahului huruf berharakat fathah. Ra mati tersebut dibaca tebal.

4. فَمَا كَانَ (Famaa kaana)
Ada Mad Thabi'i, sebab Alif didahului huruf yang berharakat fathah. Cara membacanya adalah dengan panjang 2 harakat.

5. لَهٗ مِنۡ فِئَةٍ (lahuu min fi-atin)
Ada hukum tajwid Mad Silah Qasirah. Alasannya sebelum Ha dhamir ada huruf yang hidup (yang ada barisnya). Cara bacanya dibaca panjang 2 harakat. Kemudian, ada ikhfa Ausath. Alasannya karena ada huruf nun mati bertemu dengan huruf Fa. Cara bacanya ditahan serta dengung condong ke huruf "emm".

6. فِئَةٍ يَّـنۡصُرُ (fiiatiy-yansuru)
Bacaan tersebut terdapat Idgham Bighunnah. Alasannya karena ada tanwin bertemu dengan huruf Ya. Cara bacanya suara tanwin dimasukan ke huruf Ya, kemudian ditahan dan dengung. Kemudian, ada Ikhfa Ausath. Sebab huruf Nun mati bertemu dengan huruf shod. Cara bacanya ditahan serta dengung condong ke huruf "emm".

7. نَهٗ (NaHu)
Ada Mad Shilah Qasirah. Alasannya sebelum Ha dhamir ada huruf yang hidup (yang ada barisnya). Cara bacanya dibaca panjang 2 harakat.

8. مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ (Minnduu nillaah)
Hukum tajwid Ikhfa Aqrob. Sebab ada nun mati bertemu dengan huruf Dal. Cara bacanya suara Nun mati dibaca antara izhar dan idgham. Lalu, ada juga Mad Thabi'i. Alasannya ada wau mati yang didahului huruf berharakat dhammah. Cara membacanya panjang 2 harakat. Kemudian, ada Tarqiq. Sebab, sebelum lam jalalah terdapat huruf berharakat kasrah. Cara bacanya adalah tipis dengan panjang 2 harakat.

9. وَمَا كَانَ (wamaa kaana)
Ada Mad Thabi'i, sebab huruf berharakat fathah bertemu Alif. Dibaca panjang 2 harakat.

10. مِنَ الۡمُنۡتَصِرِيۡنَ (minal muntashiriin)
Ada bacaan Alif Lam Qamariyah. Penyebabnya ada Alif Lam bertemu huruf mim (huruf Qamariyah). Lam mati dibaca dengan jelas. Lalu, ada Ikhfa Aqrob. Alasannya ada nun mati bertemu dengan huruf Ta. Cara bacanya suara nun mati dibaca antara izhar dan idgham. Kemudian, ada juga Mad Arid Lissukun. Sebab, ada Mad Thabi'i berhadapan dengan satu huruf hidup di akhir kalimat. Jadi, huruf di akhir kalimat itu mati apabila diwaqafkan. Cara bacanya panjang 2 sampai 6 harakat.

Demikian ulasan tentang hukum tajwid Surat Al-Qasas ayat 81 yang dapat dipelajari. Semoga bermanfaat.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2237 seconds (0.1#10.140)