5 Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah, Sudah Diteliti

Sabtu, 11 November 2023 - 16:16 WIB
loading...
5 Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah, Sudah Diteliti
Air beras telah terbukti memiliki manfaat untuk kulit wajah. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Air beras telah terbukti memiliki manfaat untuk kulit wajah. Dengan mengaplikasikan air beras pada wajah, akan membuat kulit wajah lebih bersih dan sehat berseri.

Hal tersebut terjadi karena biji-biji beras berukuran kecil mengandung zat besi, magnesium, vitamin B6, selenium, dan magnesium. Semuanya baik untuk wajah jika dipakai secara teratur.

Untuk mengetahui lebih jelas, simak rangkuman 5 manfaat air beras untuk wajah yang dikutip dari laman Pinkvilla, Sabtu (11/11/2023).


1. Mencegah Penuaan

Mengoleskan air beras ke kulit secara teratur dapat membantu mencegah penuaan kulit. Air bertepung padat dengan antioksidan diketahui dapat menghambat aktivitas enzim elastase (enzim yang merusak elastin di kulit).

Dengan demikian, itu bisa membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan di wajah. Selain itu juga menghidrasi kulit dan mengembalikan cahaya muda.

2. Mencerahkan Kulit


Meskipun penelitian yang lebih dalam pada orang-orang di Korea dan Jepang telah menggunakan air beras untuk melawan bintik-bintik gelap serta noda pada kulit selama berabad-abad, diasumsikan bahwa air beras mungkin mengandung beberapa enzim yang diketahui memiliki aksi pencerah kulit.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa banyak sabun dan krim pelembab mengandung air beras sebagai bahan aktif.

Banyak ahli medis juga percaya bahwa air beras dapat mencerahkan kulit tergantung pada konsentrasi dan formulasinya. Selain itu betaine, squalene, dan dedak padi adalah komponen beras yang diketahui memiliki efek mencerahkan kulit.

3. Lindungi Penghalang Kulit

Ketika penghalang alami kulit Anda terganggu, itu menyebabkan kulit kering dan bersisik. Jika hal ini terjadi terus-menerus dapat menyebabkan masalah seperti dermatitis atopik.

Sebuah studi menunjukkan bahwa pati dalam air beras dapat membantu menjaga dan memperbaiki penghalang alami kulit. Dengan demikian, air beras dapat menjadi obat yang luar biasa bagi mereka yang menderita dermatitis atopik.

Selain itu, mengoleskan air beras pada kulit juga dapat membantu meringankan gejala eksim, ruam, dan peradangan kulit.


4. Menenangkan Kulit

Air beras dikatakan memiliki sifat menenangkan kulit dan dapat membantu meringankan kulit yang terbakar sinar matahari. Beberapa orang merasa air beras sangat membantu dalam menghilangkan gejala umum kerusakan akibat sinar matahari seperti peradangan, ruam, dan kemerahan.

Dr. Sravya C Tipirneni, Kepala Konsultan Dermatologis & Ahli Kosmetologi di Rumah Sakit Manipal, menyebutkan, meskipun air beras tidak dapat bertindak sebagai pengganti tabir surya, tetapi air tersebut mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan dan membalikkan kerusakan UV sampai batas tertentu.

"Namun itu tidak dapat menjadi pengganti tabir surya topikal," ujarnya.

5. Mengontrol Minyak Wajah

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa banyak produk kontrol minyak mengandung beras atau tepung beras sebagai bahan aktif? Meskipun ada sedikit bukti untuk mendukung klaim ini, air beras bertepung memiliki efek pengencangan kulit yang mungkin baik untuk orang dengan kulit berminyak.

Bahan aktif dalam air beras dapat membantu pengendalian minyak dan jerawat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2323 seconds (0.1#10.140)