alexa snippet

KPK Telah Melelang Rumah Eks Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq

KPK Telah Melelang Rumah Eks Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq
Mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq. Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini berhasil melaksanakan lelang hasil rampasan kasus korupsi impor daging sapi dengan terpidana mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq (LHI).

Tidak banyak yang meminati rumah yang berlokasi di perumahan Rumah Bagus Residence Blok B1, di Jalan Kebagusan Dalam I RT 007/RW 04 Lenteng Agung, Jakarta Selatan (Jaksel).

Bahkan peserta lelang untuk rumah berstatus sertifikat hak milik (SHM) LHI itu hanya satu orang. "Peserta lelang hanya satu orang. Menjadi satu satunya penawar," ujar Plh Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Akhirnya kata Yuyuk, tidak ada kompetisi harga. Pejabat lelang dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III, tidak perlu menunggu lama. Dalam waktu singkat rumah yang  berdiri diatas tanah 441 meter persegi itu berpindah kepemilikan.

Sesuai patokan harga KPK, rumah terjual Rp2.965.171.000. Menurut Yuyuk lelang yang dilakukan KPK sebagai upaya mengembalikan kerugian negara. Yang dilakukan KPK juga sebagai wujud aset recovery. "Ini sebagai bentuk aset recovery," terangnya.

Apakah sepinya penawar membuat hasil lelang tidak sesuai target atau ekspektasi?
Yuyuk mengatakan, institusinya sudah melakukan sosialisasi secara maksimal. Menyebar informasi di website dan media sosial.

Begitu juga dengan KPKNL, membuat pengumuman lelang secara resmi. Menurut dia KPK sudah melakukan upaya maksimal. "Dan hasil lelang itu sudah yang terbaik," jelasnya.

Berikutnya KPK juga akan melelang hasil rampasan kasus lain. Objek lelang sebanyak 26 bidang tanah yang terbagi atas 13 paket lelang. Saat ini baru terjual 6 paket lelang yang terdiri dari 16 bidang tanah senilai Rp8,1 miliar.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top