Digitalisasi Mutlak bagi Keberlanjutan Bisnis Perusahaan

Kamis, 09 November 2023 - 20:01 WIB
loading...
Digitalisasi Mutlak bagi Keberlanjutan Bisnis Perusahaan
IDES 2023 mengapresiasi perusahaan yang melakukan digitalisasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Digitalisasi bukan lagi pilihan tetapi sudah menjadi kebutuhan mutlak bagi perusahaan untuk memastikan bisnisnya berlanjut dan tumbuh. Faktanya, belum banyak perusahaan yang sukses mengimplementasikan digitalisasi dalam bisnisnya karena banyak tantangan.



Oleh karena itu butuh dibangun sebuah ekosistem digital yang membuka peluang untuk perusahaan saling berkolaborasi. Sebagai upaya mendorong terciptanya kolaborasi dan ekosistem digital di Indonesia, SWA Group bekerja sama dengan MIOTA dan MASTEL menyelenggarakan Indonesia Digital Ecosystem Summit (IDES) 2023 dengan tema Leveraging Digital Ecosystem for Advancing Indonesia.

IDES 2023 diharapkan dapat menjadi platform yang efektif untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekosistem digital di Indonesia. Acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi antar-pemangku kepentingan dan mendorong startup digital untuk berkontribusi lebih besar bagi perekonomian Indonesia.

Moshe Panjaitan, CEO PT MIOTA Internasional Teknologi, lewat forum ini pihaknya ingin memberikan apresiasi kepada perusahaan yang berhasil melakukan inovasi digital di Indonesia. "Dan dengan mengusung tema Leveraging Digital Ecosystem for Advancing Indonesia, kami berharap IDES dapat menjadi platform yang inspiratif dan solusi inovatif untuk memajukan Indonesia ke era digital yang lebih cerah,” katanya, dalam keterangan tertulis, Kamis (9/11/2023).

Sigit Puspito Wigati Jarot, Ketua Bidang Infrastruktur Telematika Nasional (Infratelnas) MASTEL menambahkan, untuk membangun ekosistem maka yang dibutuhkan adalah cara berpikir yang lebih fluid dan lebih dinamis, tidak lagi terkotak-kotak. Selain itu juga ditantang berpikir selangkah lebih jauh ke depan.

"Maka melalui forum seperti ini mari sama-sama kita coba bangun pendekatan yang lebih holistik agar ekosistem digital di Indonesia dapat tercipta dan bersinergi," kata Sigit.

Kementerian Bappenas juga telah menyiapkan peta jalan yang komprehensif untuk membangun transformasi digital Indonesia, termasuk di dalamnya membangun ekosistem digital. Dr.Ir.Rcahmat Mardiana, MA, Direktur Ketenagalistrikan, Telekomunikasi dan Informatika Bappenas mengatakan, pemerintah sudah merumuskan prioritas pembangunan ekosistem digital Indonesia dalam RPJMN 2025-2029 di antaranya adalah pengembangan superplatform digital Indonesia.

Kedua, peningkatan kualitas infrastruktur TIK. Ketiga, penciptaan enabler transformasi digital. Keempat, penguatan SDM digital dan kelima peningkatan adopsi teknologi digital pada berbagai sektor.

“Tetapi semua itu baru bisa terwujud jika kita berkolaborasi, menghapus silo dan sekat-sekat ego sectoral, maka lewat forum ini diharapkan akan tercipta komunikasi yang terbuka lintas sektoral sehingga kita bisa bersama membangun ekosistem digital yang ideal bagi Indonesia,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)