alexa snippet

KPK Periksa Pengurus PSSI Selama Sembilan Jam

KPK Periksa Pengurus PSSI Selama Sembilan Jam
Foto:Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa pengurus Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Iwan Budianto terkait kasus suap pengadaan yang menjerat Wali Kota Batu non aktif Eddy Rumpoko.

Iwan diperiksa sekitar 9 jam sebagai saksi Rumpoko. Menantu mantan Wali Kota Kediri H Maschut itu diperiksa dengan kapasitas sebagai Direktur Utama Hotel Ijen Suites Malang. "Prinsipnya hari ini pertanyaanya yang ringan ringan saja," tutur Iwan santai saat keluar dari gedung merah putih KPK, Rabu (11/10/2017) malam.

Dia mengaku ditanya penyidik seputar perkenalannya dengan Rumpoko. Dia juga ditanya apakah memiliki hubungan kekerabatan dengan Rumpoko. Iwan mengakui mengenal Rumpoko. Dia mengenal yang bersangkutan sejak tahun 1997-1998 saat Rumpoko masih menjadi pengusaha properti yang tergolong besar. "Saya pernah membeli propertinya. Kalau berusaha bersama tidak pernah," terangnya.

Iwan juga mengaku sempat heran kenapa dipanggil dengan kapasitas sebagai Direktur Utama Hotel Ijen Suites Malang. Dia pun sempat bertanya balik ke penyidik, apakah hotelnya menjadi salah satu tempat kejadian perkara atau sebagai tempat transaksi suap.

"Penyidik menjawab tidak. Saya dipanggil hanya terkait perkenalan dengan Pak Eddy Rumpoko," jelasnya. (Baca: Selain Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, KPK Juga Tangkap 4 Orang)

Terkait dugaan keterkaitan pembelian Toyota Alphard milik Rumpok yang mengatasnamakan dirinya, Iwan mengaku tidak tahu hal itu.

Diketahui, Wali Kota Batu Eddy Rumpoko terjaring operasi tangkap tangan KPK terkait suap proyek pengadaan. Suap yang diterima Rumpoko berasal dari fee proyek 10% dari nilai proyek Rp5,26 miliar atau Rp500 juta.

Suap diberikan Filipus Djap pengusaha hotel di Kota Batu yang sekaligus pelaksana proyek. Dalam OTT KPK menyita barang bukti  uang tunai Rp300 juta yang diduga sisa suap Rp500 juta.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top