KH Ma'ruf Amin: Dalam Islam Tidak Ada Sistem Pemerintahan Baku

Senin, 09 Oktober 2017 - 17:46 WIB
KH Maruf Amin: Dalam Islam Tidak Ada Sistem Pemerintahan Baku
KH Ma'ruf Amin: Dalam Islam Tidak Ada Sistem Pemerintahan Baku
A A A
JAKARTA - Rais Aam PBNU, KH Ma'ruf Amin menganggap dahulu memang sempat ada yang menginginkan dibentuknya negara Indonesia sebagai negara Islam. Namun, kalangan Ulama menyadari bahwa hal tersebut tidak bisa diterapkan karena Indonesia sendiri lahir dalam keberagaman.

"Maka para ulama menerima negara ini (negara) kebangsaan sebagai solusi," kata Ma'ruf saat memberikan Tausiah kegiatan Fiqih Tawassuth dan Tasamuh di Gedung PBNU, Kramat, Jakarta, Senin (9/10/2017).

Menurut Ketua Umum MUI ini, kalangan ulama bersama umara sepakat bahwa perspektif islam di Indonesia adalah yang kontekstual dengan fakta keberagaman di Indonesia. Menurutnya, Islam yang dianut di Indonesia bukan negara Islam, bukan pula negara kafir, melainkan negara kesepakatan.

Dia melanjutkan, dalam negara kesepakatan tersebut kehidupan antara muslim dan non muslim saling berjanji untuk hidup secara berdampingan secara damai dan saling mencintai. Kemudian, kata Ma'ruf di negara ini juga warga negaranya memiliki kesadaran untuk saling bantu membantu seperti yang disarankan ulama terkemuka, Imam Ghazali.

"Jadi sebenarnya kita kurang bisa menggali teori-teori ini. Jadi sebenarnya inilah negara yang kita bangun dan tidak bertentagan dengan Islam. Dalam Islam tidak ada sistem pemerintahan baku tidak benar Islam khilafah," ujarnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4211 seconds (0.1#10.140)