Nasib Elektabilitas PDIP Ditentukan Jokowi dan Megawati

Jum'at, 06 Oktober 2017 - 15:58 WIB
Nasib Elektabilitas PDIP Ditentukan Jokowi dan Megawati
Nasib Elektabilitas PDIP Ditentukan Jokowi dan Megawati
A A A
JAKARTA - Soliditas hubungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri sangat memengaruhi elektabilitas partai berlambang kepala banteng tersebut. Soliditas itu dinilai ikut mendongkrak elektabilitas PDIP.

Politikus PDIP, Maruarar Sirait mengatakan, Jokowi secara otomatis akan meningkatkan kepuasan publik ketika kebijakan dan programnya sejalan dengan harapan rakyat. PDIP, kata dia, dalam posisi satu jalan dalam memperjuangkan dan mendukung program-program tersebut.

“Hungan antara Pak Jokowi dan Ibu Mega dinilai publik harmonis, yang terlihat dari berbagai kebijakan,” ujar Marurar, Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Menurutnya ketika publik puas atas kinerja Jokowi, maka PDIP juga mendapatkan efek elektoral itu. Dia menambahkan, peningkatan ini diperkuat dengan hasil salah satu lembaga survei.

"Seperti tax amnesty dan Perppu Ormas serta tak terlepas dari ketegasan dan posisi Ibu Megawati soal Pancasila," ucapnya. (Baca: Maruar Sirait: Jokowi-JK Kompak dan Solid)

Berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), PDIP unggul jauh dari parpol lainnya dengan elektabilitas sebesar 27,1%. Elektabilitas PDIP terus mengalami peningkatan jika dibandingkan perolehan suara di Pemilu 2014.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7118 seconds (0.1#10.140)