Pasukan Israel Dekati Kota Gaza, Hamas Siapkan Serangan Jarak Dekat

Sabtu, 04 November 2023 - 14:35 WIB
loading...
Pasukan Israel Dekati Kota Gaza, Hamas Siapkan Serangan Jarak Dekat
Hamas menyiapkan serangan jarak dekat dengan tentara Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Pasukan darat Israel mendekati Kota Gaza, pusat populasi terbesar dan terpadat di wilayah kantong Palestina. Itu berdasarkan citra satelit dan video dari sumber terbuka dan resmi.

Analisis CNN terhadap gambar tersebut membantu menjelaskan apa yang terjadi di lapangan ketika Pasukan Pertahanan Israel mengklaim mereka telah mengepung kota tersebut.

“Pasukan IDF mengepung Gaza dari udara, darat dan laut, mengelilingi kota Gaza dan sekitarnya,” ungkap Daniel Hagari, juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF). “Para tentara maju dalam pertempuran, di mana mereka menghancurkan infrastruktur pejuang Hamas di atas tanah dan di bawah tanah serta melenyapkan mereka.”

Sejak IDF melancarkan serangan darat ke Gaza seminggu yang lalu, menandai fase terakhir perangnya melawan Hamas, pasukannya telah bergerak maju dalam tiga arah – dari perbatasan barat laut Gaza di sepanjang pantai Mediterania, dari timur laut dekat Beit Hanoun, dan dari perbatasan Gaza. timur ke barat, di sepanjang selatan Kota Gaza – dalam upaya nyata untuk membagi jalur tersebut menjadi dua.



Pasukan Israel telah bergerak lebih dalam di sepanjang wilayah barat itu, menuju laut, menurut citra satelit Badan Antariksa Eropa (European Space Agency/ESA) pada hari Rabu, yang menunjukkan bahwa pasukan Israel berada dalam jarak sekitar satu kilometer dari pengepungan penuh Kota Gaza.

Meskipun gambar yang diambil beresolusi rendah, gambar tersebut tampaknya menunjukkan jejak kendaraan lapis baja berat yang mengular melintasi jalur tersebut, di selatan pusat kota, dan hampir mencapai pantai.

Video yang menunjukkan kemajuan Israel di selatan Kota Gaza belum muncul, namun rekaman yang dibagikan oleh IDF dan beredar di media sosial dalam beberapa hari terakhir menunjukkan pasukan Israel telah bergerak di komunitas paling utara di Gaza – Beit Hanoun, Beit Lahiya dan Atatra – dan sedang duduk-duduk. di perimeter Kota Gaza dari utara.

Gambar dan rekaman satelit juga menunjukkan pasukan Israel di Jalan Salah al-Din, sebuah jalan raya yang membentang sepanjang jalur tersebut, tampaknya menghalangi siapa pun yang masih berada di Kota Gaza untuk bergerak ke selatan. Sebuah video yang muncul pada hari Senin, direkam oleh jurnalis lepas Palestina Yousif Al Saifi, menunjukkan sebuah tank Israel melepaskan tembakan ke sebuah mobil di jalan.

Sementara itu, Brigade Al-Qassam, sayap bersenjata kelompok Hamas, mengatakan para pejuangnya membunuh empat tentara Israel lagi dalam pertempuran malam di Gaza utara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)