Sejarah dan Asal-usul Nama Asahan, Berawal dari Perjalanan Sultan Iskandar Muda ke Johor dan Malaka

Jum'at, 03 November 2023 - 11:38 WIB
loading...
Sejarah dan Asal-usul Nama Asahan, Berawal dari Perjalanan Sultan Iskandar Muda ke Johor dan Malaka
Asahan merupakan Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Foto/Wikipedia
A A A
JAKARTA - Sejarah dan asal-usul nama Asahan menarik diketahui. Asahan merupakan Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Utara .

Kabupaten Asahan memiliki beragam potensi sumber daya alam yang indah dan bentang alam luas. Wilayah ini terdiri dari area perbukitan dan sebagian terdapat area pesisir yang langsung berbatasan dengan laut.

Dibalik keindahannya, Kabupaten Asahan memiliki sejarah panjang hingga berdiri saat ini. Lantas, bagaimana awal mula berdirinya Kabupaten Asahan? Berikut ulasannya.

Sejarah dan Asal-usul Nama Asahan


Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Asahan, sejarah Asahan diawali dari perjalanan Sultan Aceh yakni Sultan Iskandar Muda ke wilayah Johor dan Malaka pada tahun 1612.



Dalam perjalanan tersebut, rombongan Sultan Iskandar Muda berhenti istirahat di suatu daerah di hulu sungai, yang selanjutnya dinamai Asahan.

Mereka kemudian melanjutkan perjalanan ke suatu tanjung, tempat sungai Asahan dan sungai Silau bertemu. Di sana mereka bertemu dengan Raja Simargolang.

Di lokasi ini, Sultan Iskandar Muda mendirikan sebuah pelataran yang digunakan sebagai balai untuk berbagai keperluan. Hingga akhirnya tempat tersebut berkembang menjadi sebuah perkampungan.

Wilayah ini berkembang dengan cepat sebagai pusat pertemuan perdagangan antara Aceh dan Malaka. Saat ini wilayah tersebut dikenal dengan sebutan "Tanjung Balai."

Dari pernikahan Sultan Iskandar Muda dengan seorang puteri Raja Simargolang, lahir seorang putra yang diberi nama Abdul Jalil. Dia menjadi pendiri Kesultanan Asahan dengan gelar Sultan Asahan I.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0098 seconds (0.1#10.140)