Jokowi Minta Pembangunan SDM dan Pelestarian Budaya di IKN Didahulukan

Jum'at, 03 November 2023 - 08:54 WIB
loading...
Jokowi Minta Pembangunan SDM dan Pelestarian Budaya di IKN Didahulukan
Presiden Jokowi menekankan pentingnya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dibandingkan pembangunan fisik di Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto/MPI/raka dwi novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dibandingkan pembangunan fisik di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Awalnya Jokowi bercerita dirinya sering mengunjungi IKN selama tiga bulan terakhir. Hal itu dilakukannya untuk melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking beberapa bangunan seperti hotel, mal hingga rumah sakit.

"Saat ini telah proses dibangun ada 5 hotel besar di Ibu Kota Nusantara, ada 4 rumah sakit juga dalam proses kontruksi, ada juga sekolah yang bertaraf internasional yang juga dalam proses dibangun di Ibu Kota Nusantara, ada juga training centernya PSSI yang memiliki 8 lapangan bola di Ibu Kota Nusantara, ada juga dua mal besar yang dibangun di Ibu Kota Nusantara," kata Jokowi dalam sambutannya pada acara Festival Harmoni Nusantara di Kawasan IKN, Jumat (3/10/2023).



Meski telah dimulai pembangunan, Jokowi berharap agar pembangunan SDM didahulukan. Selain SDM, pelestarian budaya dalam negeri juga menjadi sangat penting agar tidak tergerus dari luar. "Tapi itu semuanya fisik, itu semuanya fisik, padahal mestinya yang didahulukan adalah pembangunan sumber daya manusia, pelestarian kebudayaan, merawat kebudayaan yang ada jangan sampai nanti tergerus oleh budaya-budaya dari luar, budaya-budaya asing," kata Jokowi.

Jokowi mengapresiasi penyelenggaraan Festival Harmoni Nusantara di kawasan IKN. Dirinya berharap masyarakat dapat selalu mengingat budaya di daerahnya karena bisa menjadi kekuatan dan karakter bangsa Indonesia.

"Oleh sebab itu saya menghargai pada pagi hari ini di Kecamatan Sepaku melaksanakan Festival Harmoni Budaya Nusantara untuk mengingatkan kita bahwa seni budaya kita, budaya Indonesia itu sangat beragam, sangat majemuk. Sukunya saja kita memiliki 714. Artinya kekuatan, karakter, budaya sangat harus lestarikan dan harus kita rawat," ungkapnya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)