alexa snippet

KPU: Simulasi Pemilu Tahap Dua Digelar Akhir September

KPU: Simulasi Pemilu Tahap Dua Digelar Akhir September
Ilustrasi Pemilu. Foto/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Setelah menggelar simulasi tahap I pemungutan dan penghitungan suara pemilihan umum (pemilu) di Kabupaten Tangerang, Sabtu 19 Agustus 2017 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan kembali menggelar simulasi tahap II di Bogor, Jawa Barat.

Ketua KPU Arief Budiman menjelaskan, simulasi yang akan digelar pada Sabtu (30/9/2017) mendatang, akan menggunakan jumlah pemilih yang lebih sedikit dari sebelumnya.

Pada simulasi tahap I jumlah pemilih yang dilibatkan sebanyak 500 orang, sementara pada simulasi tahap II direncanakan pemilih berjumlah 300 orang.

"Jadi yang digunakan KPU (jumlah pemilhnya) sesuai dengan yang ada di Peraturan KPU (PKPU)," ujar Arief saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Arief berharap, simulasi tahap II nanti dapat memberikan gambaran utuh tentang pelaksanaan pemilu serentak yang akan digelar 2019 nanti. Terlebih dengan pengurangan jumlah pemilih, dapat memudahkan KPPS untuk menuntaskan proses penghitungan suara.

"Kalau yang kita lakukan di Kabupaten Tangerang kemarin itu kan karena sudah kelelahan kemudian kita stop. Nah untuk yang besok, akan kita drill sampai selesai, sekaligus mengukur fisik (petugas) kuat apa tidak," tuturnya.

Pada simulasi yang digelar di Desa Sindang Sono, Sindang Jaya Kabupaten Tangerang KPU tidak sampai menuntaskan proses penghitungan lima kotak suara.

Proses penghitungan yang dimulai pukul 14.00 WIB, tidak dilanjutkan karena penghitungan kotak suara ketiga tuntas pukul 21.16 WIB, sementara KPU berdasarkan UU 7/2017 diamanatkan menuntaskan pemungutan dan penghitungan suara TPS dalam satu hari yan sama.

Dari simulasi juga tergambar penghitungan kotak suara pemilu presiden (pilpres) membutuhkan waktu 1 jam 15 menit, pemilu DPD 1 jam 30 menit, DPR 2 jam 30 menit.

"Kalau di hari yang sama penghitungan di TPS ini agak berat bagi kita, karena yang kemarin saja itu kalau kita teruskan bisa sampai jam 4 pagi," kata Komisioner KPU Ilham Saputra.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top