4 Peluang Kerja Menjanjikan Lulusan Pendidikan dan Sastra Inggris, Tak Melulu Penerjemah

Kamis, 02 November 2023 - 10:40 WIB
loading...
4 Peluang Kerja Menjanjikan Lulusan Pendidikan dan Sastra Inggris, Tak Melulu Penerjemah
Salah satu prospek kerja menjanjikan lulusan pendidikan dan Sastra Inggris adalah menjadi tutor dan guru bahasa Inggris. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 4 peluang kerja menjanjikan lulusan Pendidikan dan Sastra Inggris yang tak melulu sebagai penerjemah. Banyak anggapan di masyarakat bahwa jurusan Pendidikan dan Sastra Inggris adalah jurusan yang tidak bergengsi dengan masa depan suram (madesu).

Persepsi itu sejatinya tidak benar. Karena faktanya banyak sekali profesi atau lembaga yang memanfaatkan dan memakai jasa lulusan jurusan ini. Atau dengan kata lain lulusan pendidikan dan sastra Inggris sebenarnya tak kalah menjanjikan dibanding lulusan dari rumpun Soshum lain. Artikel kali ini akan membahas setidaknya ada 4 peluang kerja menjanjikan yang menanti lulusan pendidikan dan Sastra Inggris.

4 Peluang Kerja Menjanjikan Lulusan Pendidikan dan Sastra Inggris


1. Media dan Jurnalis


Sektor media bisa mencakup semuanya, mulai dari film, televisi, portal berita, iklan, hingga Public Relation. Salah satu jenis pekerjaan yang sangat digandrungi kaum milenials adalah pekerja kreatif. Dan untuk mendukung jenis pekerjaan ini, kemampuan Bahasa sangat dibutuhkan secara mutlak. Apalagi di zaman modern ini, kemampuan berbahasa Inggris sangatlah dibutuhkan tak terkecuali profesi sebagai jurnalis maupun profesi lain di media

2. Guru atau Dosen


Meskipun untuk mengajar sering membutuhkan pengalaman atau kualifikasi tambahan, gelar Sastra Inggris dapat menjadi tahap yang bagus untuk mengembangkan karier.


Sarjana Sastra Inggris dapat berprofesi sebagai guru meskipun tanpa latarbelakang Kependidikan, tapi profesi ini bukan satu-satunya prospek pekerjaan. Selain guru, profesi yang sejenis dibidang pendidikan adalah tutor Bahasa Inggris.

Sarjana Sastra juga dapat mengajar sebagai dosen meskipun diperlukan pendidikan lanjut dijenjang Magister dalam profesi ini. Masih dekat dengan dunia pendidikan, alumni Sastra Inggris pun dapat bekerja sebagai peneliti maupun di organisasi yang terkait dengan pendidikan.

3. Start Up


Kuliah di Jurusan Sastra Inggris bukan berarti tidak dapat berinovasi mengembangkan bisnis di dunia digital. Didukung oleh kemampuan komunikasi verbal yang terasah dengan baik, mereka dapat menggeluti dunia start up. Kalaupun bukan sebagai product owner, Sarjana Sastra dapat bekerja sebagai content creator.

4. Advertising Executive


Rangkaian jalur karier lain yang masih memiliki hubungan erat dengan industri media adalah dengan bekerja di bidang advertising. Eksekutif periklanan bertugas sebagai penghubung antara klien dan agen.

Tanggung jawab yang dilakukan untuk koordinasi mempromosikan iklan, harus bisa dikomunikasikan secara jelas kepada semua pihak yang terlibat di dalamnya. Maka dari itu, lulusan bahasa asing memang sangat dibutuhkan untuk memperlancar proses komunikasi, terurama klien asing,
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1365 seconds (0.1#10.140)