alexa snippet

Tangkal Kelompok Radikal, ABG Siap Kawal Keutuhan NKRI

Tangkal Kelompok Radikal, ABG Siap Kawal Keutuhan NKRI
Sejumlah ormas, organisasi pemuda, tokoh masyarakat, tokoh lintas agama yang tergabung dalam Aliansi Bela Garuda (ABG) mendeklarasikan dukungan penuh terhadap NKRI. Upaya ini untuk menangkal berkembangkan kelompok Islam radikal. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
YOGYAKARTA - Gerakan Islam radikal telah muncul di Indonesia. Celakanya gerakan tersebut sudah merasuk ke sendi kehidupan masyakat. Di kota-kota besar Indonesia, termasuk Yogyakarta gerakan tersebut cukup aktif bahkan sudah masuk ke pelosok-pelosok desa hingga tingkat RT.

Untuk menangkal sekaligus membasmi virus gerakan tersebut, organisasi masyarakat, organisasi pemuda, tokoh masyarakat, tokoh lintas agama yang tergabung dalam Aliansi Bela Garuda (ABG) mendeklarasikan dukungan penuh terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bagi mereka pancasila adalah konsensus nasional yang tak boleh diotak-atik lagi. Keberadaannya sudah final karena bagian dari kontrak sosial berdirinya NKRI.

"ABG sebagai gerakan lintas organisasi masyarakat mendeklarasikan dukungan penuh terhadap upaya menyelamatkan NKRI dengan mewujudkan ukhuwah kebangsaan dan ukhuwah kemanusiaan,” kata Ketua ABG Anang Jahron saat berdialog dengan perwakilan Divisi Humas Mabes Polri dan Polda DIY di Yogyakarta, Selasa (19/9/2017).

Dalam sikap resminya ABG juga mendukung penuh langkah pemerintah membubarkan organisasi Hizbut Tahir Indonesia (HTI). Menurut Anang, HTI selama ini sudah melakukan rekrutmen dan menyebarkan ideologi secara massif.

Dengan demikian pemerintah juga harus memastikan bahwa semua pengaruh HTI dibersihkan dari lembaga negara. “Mendorong pemerintah melakukan pembersihan birokrasi di semua level lembaga pemerintahan yang menimbulkan perpecahan agama, suku dan golongan,” ujarnya.

Kasubdit IV Keamanan Direktorat Intelkam Polda DIY AKBP Sigit Hariyadi mendukung penuh langkah ABG menjaga dan mengawal NKRI dan Pancasila. ABG adalah murni gerakan Islam untuk menghancurkan paham radikalisme. "Siapapun dia jika membela NKRI dan Pancasila harus didukung," ujarnya.
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top