alexa snippet

Mendikbud Dorong Alokasikan Dana Desa untuk Perpustakaan Desa

Mendikbud Dorong Alokasikan Dana Desa untuk Perpustakaan Desa
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Foto/SINDOphoto
A+ A-
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyanggupi dan berjanji akan mengusahakan agar dana desa bisa dialokasikan untuk pembangunan perpustakaan. Hal itu disampaikan Jokowi saat meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Menanggapi hal ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, di dalam dana desa memang ada alokasi untuk pendidikan.

"Bisa didefinisikan untuk perpustakaan desa, penyelenggaraan paud dan saya pernah brdiskusi degan Mendes bagaimana pemanfaatan alokasi dana itu," ujar Muhajir di Halaman Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Menurut Muhadjir, perpustakaan nasional yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi akan menjadi pusat jaringan perpustakaan di seluruh daerah baik perpus sekolah maupun perguruan tinggi.

Terkait hal ini, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan Menristek Dikti mengenai jurnal elektronik seluruh perguruan tinggi agar dimasukkan ke Perpustakaan Nasional ini. Dalam hal dana desa untuk perpustakaan desa, nantinya ada beberpa persen dari dana tersebut untuk membiayai perpustakaan desa.

"Memang sudah ada. Tapi bagaimana implementasinya itu yang memang bertahap dan tidak semua desa juga siap dan itulah yang harus didorong," pungkasnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top