6 Perbedaan Vokasi dan Akademik yang Perlu Dipahami Agar Tak Salah Pilih Kuliah

Selasa, 31 Oktober 2023 - 11:42 WIB
loading...
6 Perbedaan Vokasi dan Akademik yang Perlu Dipahami Agar Tak Salah Pilih Kuliah
Salah satu perbedaan antara vokasi dan akademik adalah program yang ditawarkan. Jika vokasi lebih banyak diploma, akademik adalah jenjang sarjana (S1). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 6 perbedaan program pendidikan vokasi dan akademik yang perlu diketahui. Program yang ditawarkan Perguruan Tinggi bertujuan untuk memfasilitasi pendidikan para mahasiswa. Setelah menempuh studi dan menyelesaikan suatu program, mahasiswa bisa melanjutkan studi ke jenjang berikutnya.

Bagi lulusan sekolah menengah, terbuka peluang untuk meneruskan studi pada program vokasi maupun program akademik. Tapi, apakah kamu sudah mengetahui perbedaan antara program vokasi dan program akademik? Artikel kali ini akan mengulas setidaknya ada 6 perbedaan antara program vokasi dan akademik di Indonesia, simak ya!

6 Perbedaan Antara Vokasi dan Akademik di Pendidikan Tinggi


1. Tujuan Pendidikan

Program Vokasi

Tujuan pendidikan vokasi lebih spesifik dibandingkan tujuan Program Akademik. Pada Program Vokasi, tujuan studi adalah untuk membuat mahasiswa menguasai keahlian tertentu secara spesifik. Contohnya, mahasiswa akan dilatih untuk menguasai keahlian di bidang teknik, bidang ekonomi, bidang pariwisata, bidang perkebunan, dan sebagainya.

Program Akademik

Perbedaan pertama antara Program Vokasi dan Program Akademik adalah tujuan pendidikannya. Pada Program Akademik, perkuliahan difokuskan untuk membuat mahasiswa menguasai, mendalami, serta mengembangkan disiplin keilmuan tertentu.
Keilmuan tersebut sangatlah luas, misalnya keilmuan yang mencakup bidang pengetahuan alam, bidang sosial, bidang keagamaan, bidang teknologi, serta bidang seni.

2. Program yang Ditawarkan


Program Vokasi

Program Vokasi juga menawarkan variasi waktu tempuh studi. Jalur pendidikan tinggi ini mengarahkan lulusannya untuk menguasai keterampilan terapan tertentu. Adapun program pendidikan yang ditawarkan adalah Pendidikan Diploma I (D1) dengan waktu studi 1 tahun dengan beban 32 SKS.

Kedua, Program Pendidikan Diploma II (D2) dengan waktu studi 2 tahun dengan beban 64 SKS. Ketiga, Program Pendidikan Diploma III (D3) memberikan waktu studi selama 3 tahun dengan beban 112 SKS. Keempat, Program Pendidikan Diploma IV (D4) dengan waktu studi 4 tahun dengan beban 144 SKS.

Program Akademik

Program pendidikan yang ditawarkan Program Vokasi dan Program Akademik tidak sama. Pada Program Akademik, terdapat beberapa macam program pendidikan, seperti program sarjana (S1), program magister atau master (S2), dan program doktor (S3). Setiap jenjang menawarkan gelar yang berbeda dengan waktu studi yang berbeda pula.

Untuk program sarjana, lulusan akan mendapatkan gelar sarjana dengan waktu studi 3,5 – 7 tahun. Untuk program master atau magister, gelar yang didapatkan adalah master dengan waktu studi 1 – 2 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)