Ketua DPR Tindak Lanjuti Usulan Presiden Jokowi terkait Calon Panglima TNI

Selasa, 31 Oktober 2023 - 11:50 WIB
loading...
Ketua DPR Tindak Lanjuti Usulan Presiden Jokowi terkait Calon Panglima TNI
Ketua DPR Puan Maharani mengaku, telah menerima Surpres terkait usulan pengganti calon Panglima TNI pengganti Laksamana TNI Yudo Margono. Foto/Achmad Al Fiqri
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengaku, pihaknya telah menerima Surat Presiden (Surpres) terkait usulan pengganti calon Panglima TNI pengganti Laksamana TNI Yudo Margono. Hal itu disampaikan Puan usai Sidang Paripurna, Selasa (31/10/2023).

"Pada kesempatan ini saya akan umumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, nama yang diusulkan Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto SE, Msi yang saat ini menjabat sebagai KSAD," terang Puan saat jumpa pers di Gedung Nusantara III DPR, Jakarta.

Puan menjelaskan, pihaknya akan menindak lanjuti usulan tersebut sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Ia pun berharap, proses pergantian calon Panglima TNI bisa berjalan dengan lancar.



"Semoga proses ini bisa berjalan dengan lancar dan baik, sehingga penggantian atau Panglima TNI yang akan datang bisa berjalan dengan baik dan tidak ada kekosongan Panglima TNI yang akan datang," terang Puan.

Untuk diketahui, Komisi I DPR mengakui telah menerima Surpres terkait penunjukan Jenderal Agus Subiyanto menjadi calon Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun.

Hal ini dikatakan Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid saat dikonfirmasi perihal informasi tentang Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang mengantarkan Surpres siang ini.

"Betul (sudah dikirimkan Surpres Calon Panglima)," kata Meutya saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Senin (30/10/2023).

Sementara itu, uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono kemungkinan akan dilakukan pada pekan depan.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin saat ditanya soal kapan Komisi I DPR akan segera menindaklanjuti Surpres tersebut dengan menggelar fit and proper test.

"Paling tidak, mungkin minggu depan ya," kata TB Hasanuddin kepada wartawan, Senin (30/10/2023).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)