Profil Achmad Adipati Karna Widjaja, Sosok Jenderal Bintang 2 yang Jadi Langganan Stafsus KSAD

Selasa, 31 Oktober 2023 - 10:32 WIB
loading...
Profil Achmad Adipati Karna Widjaja, Sosok Jenderal Bintang 2 yang Jadi Langganan Stafsus KSAD
Mayjen TNI Achmad Adipati Karna Widjaja saat ini menjabat sebagai Staf Khusus KSAD. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Achmad Adipati Karna Widjaja merupakan perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat yang saat ini menjabat sebagai Staf Khusus KSAD . Jabatan tersebut mulai diembannya sejak 26 Oktober 2023.

Sebelumnya, jenderal bintang dua ini juga banyak menduduki jabatan penting lainnya di kemiliteran, termasuk Pa Sahli Tk. III KSAD. Berikut profil Achmad Adipati Karna Widjaja.

Profil Achmad Adipati Karna Widjaja


Pemilik nama lengkap Achmad Adipati Karna Widjaja diketahui lahir di Medan pada 6 Februari 1968. Ia merupakan perwira tinggi lulusan Akademi Militer (1990) dari satuan Infanteri (Raider).



Sebelum menjadi Pa Sahli Tk. III KSAD, Achmad Adipati Karna Widjaja pernah menjabat sebagai Staf Khusus KSAD Jenderal Dudung Abdurachman. Jabatan tersebut ia emban sejak tahun 2022 hingga Oktober 2023.

Namun karena pengalamannya, Adipati kembali ditunjuk menjadi Staf Khusus KSAD pada mutasi Oktober 2023 kemarin. Jabatannya di Stafsus KSAD dimulai ketika Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengeluarkan Surat Keputusan tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Dalam karier militernya, Achmad Adipati Karna Widjaja memiliki pengalaman yang cukup beragam dan menantang. Ia pernah bertugas sebagai Komandan Kontingen Garuda UNIFIL pada tahun 2013 dan sebagai Dansatgas FHQSU KONGA-XXVI F1 UNIFIL MABES TNI pada tahun yang sama.



Lebih dari itu, ia juga pernah menjadi Kasubdit KerIn Kawasan Amerika Eropa. Kemudian berlanjut menjadi KerIn Kawasan Amerika Eropa II.

Adipati juga pernah menjabat sebagai Direktur Binkersinfo PMPP TNI pada tahun 2012 dan sebagai Agen Madya di Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri pada tahun 2016, 2019, dan 2022.

Selain itu, jenderal asal Medan ini juga memiliki keahlian di bidang intelijen dan komunikasi sosial. Ia pernah mengikuti berbagai pendidikan dan penataran di bidang tersebut, seperti Suspa Intel, Suspa Penggalangan, Suspa Intelstrat, Sussa Inggris, dan Penataran Kasi Intel Batalyon.

Dalam menjalankan tugasnya, Achmad Adipati Karna Widjaja selalu berpegang pada nilai-nilai profesionalisme, loyalitas, dan integritas. Ia juga dikenal sebagai sosok yang berwibawa, tegas, dan visioner.

Oleh karenanya, tak heran jika jenderal bintang dua ini kerap mendapatkan penghargaan penting dalam militer. Beberapa di antaranya seperti Wing Terjun Kehormatan Special Forces Ariborne 911, Piagam UN Medali UNIFIL, Medali United Lebanon dan SL. PER PACE Italy.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)