Wow! Harta Karun Kendi VOC 1792 Ditemukan di Pandeglang Banten

Selasa, 31 Oktober 2023 - 08:32 WIB
loading...
Wow! Harta Karun Kendi VOC 1792 Ditemukan di Pandeglang Banten
Penampakan harta karun VOC dalam kepingan koin 1972 di Kampung Kadu Bedil, Desa Sindang Laut, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang. Foto/iNews TV/Iskandar Nasution
A A A
PANDEGLANG - Ratusan uang koin bertuliskan VOC tahun 1792 ditemukan warga di Kabupaten Pandeglang, Banten. Uang koin lebih dari tiga kilogram tersebut ditemukan di areal kebun milik warga setempat.

Saat ini, ratusan koin kuno tersebut masih disimpan pemiliknya dan membuat gempar warga Banten. Temuan kepingan koin kuno tersebut di Kampung Kadu Bedil, Desa Sindang Laut, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang.



Wow! Harta Karun Kendi VOC 1792 Ditemukan di Pandeglang Banten


Uang koin kuno yang bertuliskan VOC 1792 diduga uang tersebut berasal dari zaman Belanda atau pada masa kejayaan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC). Saat ditemukan, koin kuno tersebut berada dalam sebuah kendi.

Harta karun tersebut tak sengaja ditemukan saat Masdulah berjalan di kebun tiba-tiba tersandung sebuah kendi hingga dia terjatuh. Setelah diperiksa kendi tersebut berisi uang koin VOC tersebut. ”Saya cek ternyata uang koin yang sangat banyak,” kata Masdulah.



Kemudian dia melaporkan temuan it uke pihak aparatur desa setempat. Meski temuan benda langka tersebut sudah berlangsung satu minggu lamanya, namun hingga saat ini belum ada tim arkeologi yang datang ke tempat ini.

Masdulah berharap jika uang koin yang dia temukan itu bisa bermanfaat dan memiliki nilai yang tinggi. ”Jika ada kolektor benda antik yang mau membeli dengan harga yang cukup fantastis, uang tersebut untuk membangun rumah, masjid, dan berbagi anak yatim,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0949 seconds (0.1#10.140)