Laznas BSM Umat Berangkatkan Tim Ekspedisi Walisongo

Kamis, 31 Agustus 2017 - 19:02 WIB
Laznas BSM Umat Berangkatkan Tim Ekspedisi Walisongo
Laznas BSM Umat Berangkatkan Tim Ekspedisi Walisongo
A A A
JAKARTA - Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) BSM Umat memberangkatkan rombongan Tim Ekspedisi Jejak Walisongo tahap pertama.

Dalam perjalanannya, tim akan singgah di sejumlah pondok pesantren di jalur Pantai Utara Jawa dan melakukan silaturahmi dengan para ulama.

Tujuan utama ekspedisi untuk mengetahui di mana saja warisan keilmuan Walisongo tertinggal. "Kalau bicara Walisongo sekarang kan hanya identik dengan makam atau peninggalan fisik. Kami ingin menggali lebih dari itu, yakni jejak keilmuan mereka,” kata Sekretaris Yayasan BSM Umat, Meidy Ferdiansyah saat melepas Tim Ekspedisi JejakWalisongo di Wisma Mandiri 1, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (31/8/2017).

Ekspedisi ini bekerjasama dengan Ahad.co.id. Meidy mengatakan, kenapa orang bank ingin sukseskan Jejak Ekspedisi Walisongo? Karena salah satu spirit BSM Umat adalah membangun spirit syariah universal.

Dengan demikian, kata dia, tidak hanya spiritualitas yang dikedepankan, tapi juga ibadah sosial. Di antaranya membangun umat melalui pondok pesantren.
Terlebih pegawai kami banyak yang lulisan pesantren.

Melalui Ekspedisi Walisongo, Meidy berharap generasi muda dapat meneladani kiprah ulama terdahulu.

Sementara itu Pemimpin Redaksi Ahad.co.id, Tjahya Gunawan, Indonesia yang dulu dikenal dengan Nusantara ternyata pernah dibicarakan oleh dunia Islam internasional yang bernaung di bawah kesultanan Turki Usmani.

Lalu, kata dia, dikirim ulama yang tidak hanya ahli ilmu agama, tapi juga memiliki kemampuan menjawab persoalan duniawi yang dihadapi umat.

“Kami ingin telusuri lagi jejak Walisongo yang terputus untuk disimpulkan lagi. Harapannya, kejayaan Islam kembali kita songsong, Walisongo Jilid II. Setidaknya, kita memetakan kembali jejak Walisongo ketika menancapkan dakwahnya di Nusantara,” ungkap Tjahja.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3217 seconds (0.1#10.140)