Pandangan Tokoh Politik Jepang Soal Pancasila

Rabu, 30 Agustus 2017 - 12:28 WIB
Pandangan Tokoh Politik Jepang Soal Pancasila
Pandangan Tokoh Politik Jepang Soal Pancasila
A A A
JAKARTA - Pancasila dengan kelima silanya hidup di tengah rakyat Indonesia yang beragam budaya, bahasa, negeri kepulauan dan banyak agama dengan Islam sebagai agama mayoritas. Pancasila menarik perhatian mantan orang nomor dua partai berkuasa di Jepang, Liberal Democratic Party (LDP) Tsutomu Takebe.

Menurutnya kelima sila bisa menjadi dasar negara di Indonesia dan benar-benar hidup di negara kepulauan terbesar dunia. Pandangannya terhadap Pancasila ini disampaikan Tsutomu Takebe kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto.

"Saya kagum dengan Pancasila," ujar Takebe, Rabu (30/8/2017).

Pandangan Takebe itu langsung direspons Hasto Kristiyanto. Menurutnya Pemerintah Indonesia dan PDIP sangat serius menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari rakyat Indonesia. (Baca: Di Era Jokowi, Pancasila Lebih Banyak Dibenturkan dengan Islam)

"Baru-baru ini Presiden Jokowi melantik Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP)," kata Hasto.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5655 seconds (0.1#10.140)