Peringatan 60 Tahun Hubungan Indonesia-Jepang

Rabu, 30 Agustus 2017 - 09:43 WIB
Peringatan 60 Tahun Hubungan Indonesia-Jepang
Peringatan 60 Tahun Hubungan Indonesia-Jepang
A A A
JAKARTA - Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang, Yasuo Fukuda menyampaikan harapannya mengenai peringatan 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang. Harapan ini disampaikan kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto di Tokyo, Jepang.

Menurutnya peringatan 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang tahun depan sebaiknya dilakukan dengan melibatkan masyarakat kedua negara secara aktif. Dia yakin kehadiran rakyat akan menguatkan diplomasi dan hubungan pemerintah Indonesia-Jepang.

"Kita harus berusaha untuk melibatkan masyarakat Jepang dan Indonesia dalam memperingati 60 tahun hubungan kedua negara. Peningkatan jumlah turis sudah tentu harus dilakukan. Jika ada ide-ide lain, kami sangat terbuka," ujar Fukuda dalam siaran pers, Rabu (30/8/2017).

Hasto Kristiyanto sendiri datang menemui tokoh senior partai LDP (Liberal Democratic Party) di Jepang itu dalam rangka mempersiapkan hubungan kerja sama antara PDIP dan Partai LDP serta mempersiapkan peringatan 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang. Pada kesempatan itu Hasto didampingi Kepala Balitbang PDIP Heri Akhmadi dan Bendahara Litbang PDIP Daniel Tobing.

Hasto mengungkapkan, rencana partainya untuk mendorong kepala daerah yang berasal dari PDIP dan memiliki program sister city dengan Jepang untuk mengirim delegasi kebudayaan ke Jepang tahun depan. (Baca: Jokowi: Prinsip Kerja Sama RI-Jepang Saling Menguntungkan)

"Biar bagaimanapun gerakan kebudayaan nasional yang hadir di tengah-tengah masyarakat itu diperlukan saat ini. Budaya Indonesia terbukti ampuh sebagai penangkal gerakan radikal," ungkap Hasto.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7303 seconds (0.1#10.140)