KRI Nagapasa Tiba, Pengamat: Kapal Selam Akan Jadi Andalan TNI

Senin, 28 Agustus 2017 - 14:12 WIB
KRI Nagapasa Tiba, Pengamat: Kapal Selam Akan Jadi Andalan TNI
KRI Nagapasa Tiba, Pengamat: Kapal Selam Akan Jadi Andalan TNI
A A A
JAKARTA - Kapal selam KRI Nagapasa 403 telah tiba di Indonesia, Senin (28/8/2017) siang. Kapal yang dibuat oleh kontraktor pertahanan Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) itu tiba di Dermaga Komando Armada Timur, Surabaya, Jawa Timur.

Menanggapi kedatangan Nagapasa, pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Kertopati mengungkapkan kapal selam tersebut akan memperkuat komposisi kekuatan TNI AL.

Kedatangan Nagapasa dikatakannya akan menjadikan TNI AL memiliki tiga kapal selam berstatus operasional. Dia menilai kapal selam sebagai alat utama sistem persenjataan (alutsista) unggulan TNI pada masa depan.

"Tepat kiranya pemerintah saat ini meningkatkan postur tempur TNI dengan menambah jumlah kapal selam," ujar perempuan yang biasa disapa Nuning ini. (Baca juga: Kehadiran Kapal Selam Nagapasa Bisa Bikin Gemetar Muzuh )

Menurut dia, kapal selam KRI Nagapasa 403 adalah alutsista TNI AL terbaru memperkuat persenjataan TNI. Pengadaannya masuk dalam program minimum essential force (MEF) yang telah disetujui oleh pemerintah dan DPR.

"Kapal selam baru untuk mengimbangi antara tuntutan tugas TNI AL untuk pengamanan perairan Indonesia dengan ketersediaan alutsista," katanya.

Menurut dia, kedatangan alutsista harus dibarengi dengan fasilitas logistiknya sehingga baik alutsista maupun fasilitas.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4202 seconds (0.1#10.140)