89 Perwira Polri Dimutasi, Kapolda Jabar Digeser ke Lemdiklat

Jum'at, 25 Agustus 2017 - 19:20 WIB
89 Perwira Polri Dimutasi, Kapolda Jabar Digeser ke Lemdiklat
89 Perwira Polri Dimutasi, Kapolda Jabar Digeser ke Lemdiklat
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian melakukan pergantian perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri.

Dalam Surat Telegram (TR) Kapolri Nomor: ST/2032/VIII/2017 ada 87 yang dimutasi mulai dari Inspektur Jenderal (Irjen) hingga Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

Surat tersebut ditandatangani oleh Asisten SDM Kapolri Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Arief Sulisyanto atas nama Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

‎Kapolda Jawa Barat (Jabar) yang kini dijabat Irjen Pol Anton Charliyan akan diganti oleh Irjen Pol Agung Budi Maryoto yang sebelumnya Kapolda Sumatera Selatan. Sementara Anton Charliyan diangkat dalam jabatan barunya sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Wakalemdiklat) Polri.

Posisi Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain juga digeser dalam jabatan barunya sebagai Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel). Brigjen Pol Baharudin Djafar yang sebelumnya menjabat sebagai Karopaminal Divpropam Polri dipromosikan menjadi Kapolda Sulbar.

Sementara posisi Djafar digantikan oleh Brigjen Pol Teddy Minahasa yang sebelumnya menjabat tim ahli Wapres. Kapolda Lampung Irjen Pol Sudjarno juga dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabara Baharkam Polri.

Irjen Pol I Ketut Utung Yoga Ana yang sebelumnya ditugaskan pada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakil Inspektur Pengawasan Umum Polri.

Mutasi juga terjadi di internal Polda Metro Jaya. ‎Wakapolda Metro Brigjen Suntana dimutasi jadi Pati Baintelkam Polri. Posisi yang ditinggalkannya akan diisi Brigjen Purwadi Arianto. Brigjen Pol Purwadi saat ini menjabat Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim. Posisi Dirtipidter itu akan diisi oleh Kombes Rudy Heriyanto yang saat ini menjabat ‎Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro.

Posisi Kombes Pol Rudy akan digantikan oleh Kombes Pol Niko Afinta yang saat ini menjabat Direktur Narkoba Polda Metro. Sementara posisi Kombes Niko akan diisi Kombes Suwondo Nainggolan.

Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, mutasi pada surat telegram TR tersebut merupakan mutasi rutin dalam rangka tour of duty dan tour of area.

Ada juga, kata dia, yang memasuki masa pensiun sehingga perlu diganti. "Mutasi merupakan penyegaran bagi sebuah organisasi untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja," katanya. ‎
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5035 seconds (0.1#10.140)