Pemerintah Harus Jadi Teladan Rakyatnya

Jum'at, 25 Agustus 2017 - 21:43 WIB
Pemerintah Harus Jadi Teladan Rakyatnya
Pemerintah Harus Jadi Teladan Rakyatnya
A A A
JAKARTA - Para pemimpin bangsa, baik eksekutif, legislatif dan yudikatif harus bisa menjadi contoh atau panutan masyarakat, terutama dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila. Jika para pemimpin tidak bisa menunjukkan identitasnya sebagai seorang yang Pancasilais, maka jangan harap rakyat atau pengikutnya menjadi Pancasilais sejati.

Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Prof. DR. H. Yusni Saby, MA, Ph.D mengatakan, pemberian contoh itu penting agar Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara terus berdiri tegak dalam membentengi bangsa dari ancaman radikalisme dan terorisme. Menurutnya keteladanan pemimpin dapat menunjukkan bahwa mereka itu adalah Pancasilais sejati akan diikuti rakyatnya.

"Sadarkan para pemimpin untuk dapat memimpin bangsa ini dengan baik, barulah rakyat itu bisa sadar,” ujar Yusni dalam siaran pers yang diterima dari BNPT, Jumat (25/8/2017)

Dia mengakui saat ini masih ada para pemimpin belum dapat menegakkan Pancasila sebagai ideologi bangsa. Atas dasar itu dia mengapresiasi dibentuknya Unit Kerja Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP). (Baca: Rachmawati: Hari Lahir Pancasila Seharusnya Ditetapkan di Era Mega)

“Ingat rakyat kita ini ada 262 juta jiwa. Saya rasa tidak sampai 5 juta jiwa untuk menjadi pejabat yang bisa bekerja dengan baik bagi rakyatnya di negeri ini," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8740 seconds (0.1#10.140)