Kemenag Akan Gelar Kompetisi Pers Mahasiswa PTKI

Jum'at, 25 Agustus 2017 - 16:13 WIB
Kemenag Akan Gelar Kompetisi Pers Mahasiswa PTKI
Kemenag Akan Gelar Kompetisi Pers Mahasiswa PTKI
A A A
JAKARTA - Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Kompetisi Pers Mahasiswa PTKI pada akhir tahun 2017. Saat ini tim Kemenag sedang menyempurnakan draf panduan kompetisi.

Pelaksana Tugas Direktur PTKI Imam Safei mengatakan, tugas institusinya adalah berupaya melayani beragam kecerdasan (multiple intelligence) mahasiswa.

Dia mengatakan, mahasiswa yang mempunyai kecerdasan intelektual tinggi diberikan program fresh graduate. Bagi mahasiswa yang menyukai dunia entrepreneurship diberikan program magang di dunia usaha dan industri.

Sementara mahasiswa yang mempunyai talenta di dunia tulis-menulis akan dikembangkan kapasitas jurnalistiknya. ”Kompetisi Pers Mahasiswa PTKI merupakan ikhtiar untuk memberikan apresiasi dan pelayanan akan beragam kecerdasan mahasiswa”, kata Imam Safei pada Kegiatan Koordinasi Persiapan Kompetisi Majalah Mahasiswa PTKI, di Hotel Golden Boutique Jakarta, Kamis (24/8/2017).

Imam mengakui dunia pendidikan di Indonesia belum bisa menghargai atas prestasi semua mahasiswa. “Semua mahasiswa mestinya dipandang sebagai bintang dengan keunggulan dan keunikannya masing-masing” ucapnya.

Terkait dengan potensi mahasiswa, Imam menyarankan untuk menengok ke dunia pondok pesantren yang dinilainya telah mendidik kepada para santrinya berkembang beragam potensinya. “Sekolah membuat orang serba tahu, tetapi pondok pesantren membuat orang serba bisa,” kata Dosen Penelitian IAIN Samarinda ini.

Untuk itu Imam Safei memberikan apresiasi yang tinggi atas prakarsa Kompetisi Pers Mahasiswa, baik berupa produk Persma berupa media cetak seperti majalah, Koran/tabloid dan produk media online bisa seperti website.

Syafriansyah Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan berkomitmen agar kompetisi pers mahasiswa PTKI dapat digelar secara rutin dan menjadi even nasional yang bergengsi mengangkat kreativitas mahasiswa di bidang jurnalistik.

Dia menilai penghargaan terhadap pers mahasiswa sangat penting pada saat kran informasi terbuka. “Kehadiran pers mahasiswa diharapkan ikut memerangi konten-konten hoax dan SARA yang menjadi wadah berkembangnya intoleransi," tandasnya.

Kegiatan Koordinasi Persiapan Kompetisi Majalah Mahasiswa PTKI dilaksanakan selama dua hari 14-15 Agustus 2017 diikuti oleh 26 jurnalis baik dari unsur wartawan cetak maupun online, mantan aktivis pers kampus juga dari unsur Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan PTKI.

Diantara jurnalis yang hadir adalah dari Koran SINDO, Okezone.com, Vivanews, Inilah.com, NU Online, Publicapos.com, pendis.kemenag.go.id dan website Kementerian Agama lainnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.2787 seconds (0.1#10.140)