Jokowi Tak di Jakarta saat Gibran Daftar Cawapres ke KPU

Senin, 23 Oktober 2023 - 15:18 WIB
loading...
Jokowi Tak di Jakarta saat Gibran Daftar Cawapres ke KPU
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan berada di Jakarta saat putranya Gibran Rakabuming Raka mendaftar sebagai Cawapres di KPU pada Rabu 25 Oktober 2023. Foto/Setneg
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan berada di Jakarta saat putranya Gibran Rakabuming Raka mendaftar sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu 25 Oktober 2023.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Awalnya Basuki menyebut bahwa Presiden Jokowi akan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan bandara di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada awal November nanti.



"1 November, sambil groundbreaking VVIP Bandara," ujar Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (23/10/2023).

Pada Rabu, kata Basuki, Presiden akan kunjungan kerja Sumatera Barat. Setelahnya, Jokowi akan meresmikan Tol Prabumulih-Indralaya di Sumatera Selatan pada Kamis 26 Oktober 2023.

"Kan Rabu ke Sumbar, Kamis ke Palembang," kata Basuki.

Perlu diketahui, Koalisi Indonesia Maju (KIM) memutuskan calon wakil presiden (cawapres) yang mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024 adalah Gibran Rakabuming Raka. Pasangan Prabowo-Gibran bakal mendaftar ke KPU pada Rabu, 25 Oktober 2023.

"Pada tanggal 25 hari Rabu kita akan mendaftar ke KPU," kata Prabowo Subianto saat konferensi pers di kediamannya, Minggu (22/10/2023).

Prabowo mengatakan bahwa seluruh parpol yang tergabung dalam KIM sepakat untuk mengusung Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres di Pilpres 2024.

Pengumuman itu disampaikan Prabowo Subianto setelah melakukan pertemuan dengan para pimpinan parpol KIM. Hadir Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).



"Kita telah berembuk secara final secara, konsensus seluruhnya depakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)