4 Buah Kaya Vitamin C, Jambu Biji Bisa Turunkan Kolesterol

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 13:07 WIB
loading...
4 Buah Kaya Vitamin C, Jambu Biji Bisa Turunkan Kolesterol
Vitamin C merupakan nutrisi penting untuk kesehatan. Jambu biji misalnya, bisa menurunkan kolesterol. Foto/ healhtline.
A A A
JAKARTA - Vitamin C merupakan nutrisi penting untuk kesehatan. Vitamin C membantu membentuk dan memelihara tulang, tulang rawan, kulit dan pembuluh darah.

Sebagai antioksidan vitamin C juga mendukung sistem kekebalan tubuh. Buah-buahan dan sayuran adalah sumber terbaik, namun beberapa orang mungkin memerlukan suplemen.

Dilansir dari laman Health Line Sabtu (21/10/2023), berikut ini 4 jenis buah yang tinggi akan vitamin C:


Buah Kaya Vitamin C

1. Jambu Biji

Buah tropis satu ini juga tak kalah sehat, karena di dalamnya terdapat vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan Anda setiap hari. Satu buah jambu biji mengandung 126 mg vitamin C, atau 140 persen. Serta sangat kaya akan antioksidan likopen.

Sebuah penelitian menemukan bahwa, makan 400 gram jambu biji yang sudah dikupas per hari, atau sekitar tujuh buah, dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total.

2. Kiwi

Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung 71 mg vitamin C. Kemudian dalam sebuah penelitian, bahwa makan 2-3 kiwi setiap hari selama 28 hari mengurangi kelengkapan platelet darah sebesar 18 persen.

Selain itu, mengonsumsi kiwi menurunkan trigliserida sebesar 15 persen. Hal ini dapat mengurangi risiko pembekuan darah dan stroke. Serta meningkatkan aktivitas sel darah putih sebesar 20 persen.

3. Kakadu Plum

Jenis buah ini memang sedikit asing didengar. Buah satu ini ternyata asli dari kawasan Australia Utara, sekilas bentuknya mirip pear.

Kakadu plum mengandung 100 kali lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Serta kaya kalium, vitamin E dan antioksidan lutein, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan mata.


4. Ceri Acerola

Kemudian ada ceri acerola, buah satu ini juga banyak mengandung vitamin C di dalamnya atau sekitar 822 mili gram (mg).

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa buah ini memiliki sifat melawan kanker, membantu mencegah kerusakan kulit akibat UVB dan mengurangi kerusakan DNA yang disebabkan oleh pola makan yang buruk.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)