alexa snippet

Laporan Langsung SINDOnews dari Arab Saudi

Pakai 3 Ambulans, 33 Pasien KKHI Madinah Dievakuasi ke Mekkah

Pakai 3 Ambulans, 33 Pasien KKHI Madinah Dievakuasi ke Mekkah
Dr Tia Astriana, Pj Evakuasi dan Dokter Triage KKHI Madinah, memberikan keterangan kepada wartawan di klinik tersebut, Rabu (16/8/2017). Foto/SINDOnews/Muh Iqbal Marsyaf
A+ A-
MADINAH - Mendekati masa pelaksanaan rukun haji, Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah sudah mengevakuasi sebanyak 33 pasien jamaah haji menuju Mekkah, Arab Saudi.

“Kami sudah melakukan proses evakuasi pasien dari Madinah ke Mekkah sejak tanggal 9 Agustus. Sudah ada 33 jamaah yang dievakuasi dan sampai sampai nanti malam kami berharap ada lima pasien lagi (menuju Mekkah),” ujar dr Tia Astriana, Pj Evakuasi dan Dokter Triage KKHI Madinah kepada wartawan di klinik tersebut, Rabu (16/8/2017).

Pasien yang dievakuasi dari berbagai kondisi. Yang jelas jamaah harus dalam posisi yang transportable sehingga selama perjalanan pasien terjamin tidak mengalami keluhan penyakit tertentu.

“Jadi proses evakuasinya sudah 17 kali dengan ambulans KKHI sebanyak tiga unit. Ambulans kami sudah terstandar untuk proses perujukan dan perawatan jamaah sakit,” jamin dokter yang di Indonesia bekerja di RSUD Serang.

Jamaah yang didorong ke Mekkah kondisinya sudah ada yang sembuh dan membaik. “Ada beberapa yang harus dirawat nantinya di KKHI atau RSAS Mekkah, dan ada juga yang dikembalikan ke kloternya. Tapi kami lihat dulu jamaah transportable atau tidak. Kalau tidak artinya mengancam keselamatan pasien, maka kami tidak lakukan evakuasi,” pungkasnya.
(kri)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top