Manfaat Buah Salak, Bisa Turunkan Kolesterol?

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 15:31 WIB
loading...
Manfaat Buah Salak, Bisa Turunkan Kolesterol?
Buah salak memiliki banyak manfaat, tapi apakah buah bersisik ini bisa menurunkan kolesterol? Foto/ atlasobscura.
A A A
JAKARTA - Manfaat buah salak penurun kolesterol . Banyak yang bertanya, apakah mengonsumsi buah bersisik berwarna cokelat ini bisa menurunkan kolesterol?

Dilansir webmd pada Jumat (20/10/2023), secara ilmiah, salak diklasifikasikan sebagai salacca zalacca, spesies buah yang dibudidayakan secara tradisional di Indonesia dan negara tenggara lainnya di Asia.

Salak memiliki kandungan fenolik, flavonoid dan monoterpenoid yang menjadi sumber nutrisi yang baik. Buah ini juga memiliki kadar yang tinggi, seperti protein, kalium, kalsium, serat, fosfor, vitamin A dan C.



Satu porsi salak hanya memiliki karbohidrat baik, 82 kalori dan 4% lemak. Ini berdampak rendah pada tingkat kalori keseluruhan makanan Anda.

Salak memiliki khasiat yang membantu pencernaan, kesehatan penglihatan, kognisi, peningkatan energi, pengaturan gula darah dan penurunan berat badan. Namun, tidak ada penjelasan salak bisa menurunkan kolesterol .

Hanya saja, berdasarkan penelitian, salak memiliki efek menguntungkan bagi tubuh melalui aktivasi makrofag. Buah salak merupakan sumber senyawa fenolik dan sifat antioksidan yang dikaitkan dengan manfaat kesehatan.

Manfaat Buah Salak

1. Peningkatan energi

Penelitian menunjukkan bahwa salak merangsang metabolisme dan meningkatkan stamina. Ini meningkatkan tingkat energi melalui karbohidrat dalam buah yang mempertahankan tingkat energi sepanjang hari.

2. Penurunan berat badan

Kadar serat makanan yang tinggi pada salak. Ini membantu Anda merasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Serat juga membantu pencernaan dan mengurangi kram, sembelit, dan kembung.

3. Meningkatkan daya ingat

Karena kadar beta-karoten, pektin, dan potasiumnya, buah salak dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Ini membantu kognisi dan memori. Di beberapa daerah, salak dikenal dengan sebutan buah kenangan. Ini menghilangkan beberapa tingkat stres oksidatif, yang membantu menurunkan risiko penyakit degeneratif otak.

4. Perlindungan penglihatan

Antioksidan beta-karoten ditemukan dalam buah salak , dan secara langsung bermanfaat bagi kesehatan penglihatan. Kadar dalam makanan Anda dapat mengurangi risiko katarak progresif dan degenerasi makula.

5. Manfaat kesehatan jantung

Kadar kalium dalam salak membantu menurunkan tekanan darah. Ini mengurangi ketegangan pada arteri dan pembuluh darah lainnya serta mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular.


6. Meredakan sakit maag

Secara tradisional, buah salak telah digunakan oleh penduduk asli Asia untuk meredakan sakit maag.

7. Mengatasi diabetes

Sebuah penelitian pada hewan yang dilakukan oleh Asian Pacific Journal of Tropical Medicine menunjukkan bahwa buah salak yang diolah dengan cuka memiliki kadar polifenol tinggi yang menurunkan kadar glukosa darah dan meningkatkan profil lipid.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3708 seconds (0.1#10.140)